MALANG – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Malang Resmi membuka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Legislatif tahun 2024, di Rumah PAN, pada Kamis (14/7) sore.

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah pengurus DPD PAN Kota Malang dan juga nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang akan bertarung dalam Pemilu Legislatif mendatang.

Salah satu target utama dari PAN Kota Malang, yakni siap rebut 7 kursi DPRD pada Pileg 2024 mendatang.

Ketua DPD PAN Kota Malang, Lookh Mahfudz mengatakan, pihaknya tentu sangat optimisi target 7 kursi di Pileg 2024 bisa terwujud. Terlebih, menurutnya bahwa di hari pertama pendaftaran saat ini telah mencapai 80 persen dari total 45 caleg yang ada.

“Jadi setidaknya sudah ada 30an yang daftar. Alhamdulilah sudah mulai banyak komponen yang merapat ke kami. Sehingga, kami optimis PAN mampu mencapai target 7 kursi itu,” kata Lookh Makhfudz.

Makhfudz, mengungkapkan bahwa perekrutan Caleg PAN Kota Malang akan berlangsung hingga akhir 2023 mendatang. Disebutkan bahwa perekrutan Caleg yang kompeten akan menjadi infrastruktur dan amunisi PAN dalam menyongsong pesta rakyat di tahun 2024 mendatang.

Ia menjelaskan, jika pendaftaran Caleg sudah dimulai pada tanggal 14 Juli sampai akhir masa pendaftaran sesuai dengan aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para Bacaleg, lanjut Lookh Makhfudz, tidak perlu khawatir karena tifak dibebani biaya apapun dan hanya difokuskan untuk mencari suara sebanyak mungkin.

β€œTidak ada biaya sepeserpun untuk mendaftar sebagai Bacaleg PAN Kota Malang. Selain itu, kami juga akan berikan posisi yang terbaik bagi Bacaleg yang jadi DPRD Kota Malang nantinya,” ujarnya.

Bahkan, Lookh Makhfud menegaskan jika PAN Kota Malang akan menyiapkan mekanisme kompensasi bagi Caleg yang kurang beruntung sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh partai.

β€œNanti Caleg yang kalah akan mendapatkan kompensasi dari mereka yang menang DPRD, sehingga nanti tidak merugikan Bacaleg,” ujarnya.

Diketahui, saat ini DPD PAN Kota Malang telah menempati setidaknya 3 kursi di DPRD Kota Malang. Berbagai program prioritas pun digencarkan agar target 7 kursi bisa tercapai.

“Program prioritas kami adalah saling sapa, satu lingkungan dan satu pasukan. Kami juga punya program pengembangan UMKM untuk mewadahi potensi masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan 2.365 kader PAN yang tangguh di Kota Malang. Mereka akan tersebar di setiap titik TPS yang ada di Kota Malang untuk menjadi saksi dalam pemilihan umum nanti.

“Kami punya 57 ranting dengan 2.365 kader yang ada di Kota Malang. Itu juga merupakan infrastruktur kami menuju Pileg dan Pilkada 2024,” tandasnya.

By amanat

Leave a Reply

Your email address will not be published.