Amanat.news – Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig menyebut Panglima TNI yang baru akan punya pekerjaan rumah atau PR yang tidak mudah. Salah satunya  menyiapkan insfrastruktur pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kalau kita lihat, kemungkinan besar Panglima TNI yang baru akan pensiun akhir tahun 2023, di mana sudah mendekati tahun politik 2024. Jadi PR-nya satunya menyiapkan infrastruktur pengamanan penyelenggaraan Pemilu,” kata Rizki Sadig kepada wartawan, Selasa (29/11/2022)

Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengusulkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglima TNI pengganti Jendral Andika Perkasa. Usulan presiden tersebut diumumkan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut, yang menjabat KSAL saat ini,” kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

Puan mengatakan, Yudo diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan Panglima TNI yang berlaku. Yudo akan segera menjalani fit and proper test di Komisi I DPR.

Menanggapi hal itu, Rizki Sadig menilai pilihan Presiden sangat bisa dipahami bilamana salah satu pertimbangannya adalah memberikan kesempatan pada setiap matra di tubuh TNI.

“Pertama kita harus akui bahwa  ini (penetapan calon Panglima TNI) adalah murni hak prerogatif Presiden. Bila pertimbangannya adalah perputaran antar matra, maka sudah tepat pilihan Presiden jatuh ke Pak KSAL Laksamana Yudo Margono,” ungkap Rizki.

Ketua DPW PAN Jawa Timur itu menyebut, ada kesan yang baik bila dalam proses pergantian Panglima TNI dibudayakan atau ada ciri khas Indonesia yakni pergantian antar matra.

“Kita tahu dalam periode pak Jokowi memimpin sudah dua kali Panglima TNI dipilih dari matra AD dan satu kali dipilih dari matra AU. Sedangkan AL belum, jadi saya kira sekarang adalah momentum yang tepat jika Presiden memilih dari matra AL,” ujarnya. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *