Amanat.news – Langkah strategis diambil DPW PAN Jawa Timur dan DPD PDIP Jawa Timur. Dua parpol ini menyepakati kerjasama politik dalam Pilkada serentak 2024.

Kesepakatan itu terjadi dalam pertemuan pengurus DPW PAN Jatim dan DPD PDIP Jatim di Rumah PAN, Jalan Darmokali, Surabaya, Selasa (4/6/2024) malam. Rombongan PDIP dipimpin Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Budi ‘Kanang’ Sulistyono. Kehadiran mereka disambut oleh Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig dan jajaran pengurus lain.

“Intinya membahas kerja sama di Jawa Timur, khususnya terkait Pilkada serentak di 38 kabupaten/kota,” jelas Ahmad Rizki Sadig usai pertemuan.

Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan, PAN dan PDIP sepakat bekerja sama di 13 kabupaten/kota. Di kabupaten/kota itu ada beberapa kader PAN dan PDIP yang diusung sebagai calon kepala daerah.

“Bahkan ada yang bukan kader PDIP bukan kader PAN kita dukung bersama untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Menurut Rizki, kerjasama PAN dan PDIP sebagai salah satu contoh bahwa mengelola politik di tingkat kabupaten/kota tidak bisa dilakukan sendiri. Semangatnya adalah bersama-sama mencari pemimpin terbaik, bukan sekadar menang-menangan.

“Tapi juga berdasar kursi DPRD. Misal ada calon bagus dari PAN atau PDIP kita rembukan, kalau nggak kita cari calon netral yang bisa membangun sama-sama,” tambahnya.

Rizki pun mengapresiasi PDIP yang mau mendatangi PAN dan mengajak diskusi bersama. Kehadiran PDIP merupakan penghargaan setinggi-tingginya untuk PAN. Menurutnya, partai banteng moncong putih menjadi partai pertama yang intens berkomunikasi.

“Tentu ini sebuah kehormatan semua, terima kasih teman-teman PDIP yang sudah hadir.

Semoga kita bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin terbaik di seluruh Jatim,” tegas Rizki.

Ia menambahkan, masih banyak banyak hal yang bisa dibicarakan dan dikaji bersama antara PAN dan PDIP. Saling melobi, saling meyakinkan, dan saling mengukur, kira-kira peran apa yang bisa dilakukan untuk membangun kebersamaan jangka panjang.

“Ini satu-satunya yang hadir di sini, satu-satunya yang kami undang di acara Rakorwil Pilkada kemarin. Jadi teman-teman sudah tahu, betapa pentingnya posisi PDIP di hati Partai Amanat Nasional,” kata Rizki. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *