Amanat.news – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Surabaya menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I, Minggu (3/6/2022). Sekretaris Jendral Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno, hadir langsung dalam pembukaan Rakerda.

Dalam pidatonya, Eddy Soeparno menjelaskan bahwa Rakerda PAN digelar sebagai konsolidasi menghadapi Pemilu. Juga untuk menjaring nama-nama Capres – Cawapres dari akar rumput yang akan disulkan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

“Rakerda ini kami percepat, supaya apa, supaya kami bisa mendapatkan suara dari akar rumput tentang siapa sih nama-nama calon pemimpin yang akan diusung PAN, tentu bersama dengan koalisi, nanti di pilpres 2024,” kata Eddy.

Eddy menjelaskan, dalam menghadapi Pemilu nanti PAN memiliki pola berbeda berkaitan dengan konsolidasi internal. Bila sebelumnya digelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dulu baru kemudian Rakerda, sekarang prosesnya dibalik. Rakerda dulu, kemudian Rakerwil untuk merangkum semua usulan di daerah yang selanjutnya dibawa ke Rakernas.

“Tujuannya apa, untuk membangun budaya politik baru. Budaya politik di mana kita mendengarkan suara akar rumput, tentang siapa calon pemimpin kita. Kita gak mau lagi warga, masyarakat, hanya menjadi penonton,” jelasnya.

Eddy Soeparno hadir bersama sejumlah pengurus DPP PAN. Sekretaris DPW PAN Jatim Husnul Aqib dan Wakil Ketua Bidang Perkaderan DPW PAN Jatim Malik Effendy juga hadir. Hadir pula para ketua partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Eddy didaulat untuk memukul gong  tanda pembukaan Rakerda. Ia juga memakaikan jaket biru untuk sejumlah Bacaleg PAN Surabaya yang akan berkontestasi dalam Pemilu Legislatif 2024.

Rakerda I DPD PAN Kota Surabaya digelar di Hotel Grand Mercure, Jalan A Yani, Surabaya. Rakerda diikuti oleh seluruh pengurus DPD PAN Kota Surabaya dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN dari 31 kecamatan di Surabaya.

Rakerda PAN Surabaya merupakan gelaran pamungkas dari rangkaian Rakerda PAN se-Jatim yang telah selesai digelar sepanjang Juni lalu. PAN Surabaya mengambil tajuk PAN Menang, Rakyat Berdaya, Surabaya Berjaya sebagai tema Rakerda.

Mengenai tema tersebut, Ketua DPD PAN Surabaya KH Mahsun Djajadi menjelaskan makna filosofinya. Bahwa kursi PAN di DPRD Surabaya harus bertambah dan PAN akan berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat Surabaya.

“Target kami di Pemilu nanti kursi PAN bertambah, mendapat minimal satu kursi di setiap Dapil. Kami juga akan fokus pada pemberdayaan masyarakat,” jelas Mahsun. HK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.