Amanat.news – Partai UKM Indonesia resmi bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Harian DPW PAN Jawa Timur, Achmad Rubaie, berperan memediasi dan memfasilitasi dalam upaya partai baru tersebut bergabung ke PAN.

Ketua Umum Partai UKM Indonesia, Syafrudin Budiman SIP, menyatakan terima kasih kepada Achmad Rubaie. Menurutnya, kekuatan lobi dan relasi struktur yang dimiliki Rubaie memudahkan partai yang dipimpinnya diterima oleh PAN.

“Pertemuan ini berkat jasa dan perjuangan Kyai Rubaie yang berkenan menjadi mediator dan fasilitator. Berkat lobi, relasi sosial dan relasi struktur memudahkan aspirasi Partai UKM Indonesia diterima di PAN,” ungkap Syafrudin di Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Achmad Rubaie sendiri mengatakan bergabungnya Partai UKM Indonesia merupakan energi baru bagi PAN. Partai UKM Indonesia bisa menjadi entitas atau satuan yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

“Partai UKM Indonesia memiliki entitas tertentu yaitu basis kalangan UMKM, Koperasi dan Pedagang. Bahkan banyak didominasi kalangan milenial, perempuan dan media influencer. Jadi ini adalah energi baru untuk pemenangan PAN di Pileg 2024,” jelas politisi senior PAN Jatim itu.

Dirinya, kata Rubaie, berharap bergabungnya Partai UKM Indonesia bisa menguntungkan kedua belah pihak. Kader-kader Partai UKM Indonesia bisa tersalurkan melalui PAN dan PAN bisa memperbesar dukungannya.

“Kita harapkan tentu dampaknya bisa memberikan pengabdian yang sebaik-baiknya dalam rangka memajukan Indonesia. Khususnya memajukan perekonomian dan kesejahteraan dan lebih khusus lagi bisa meningkatkan kemampuan para UKM di seluruh Indonesia,” papar Rubaie.

Menurut Rubaie, bagi PAN, UKM merupakan benteng pertahanan ekonomi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, bergabungnya Partai UKM Indonesia ke PAN, dimaksudkan untuk menguatkan ekonomi kerakyatan dan memperjuangkan pelaku UMKM lewat politik.

“Semoga bergabungnya Partai UKM Indonesia ke PAN akan mendapatkan dukungan banyak pihak dan terus bersinergi di basis kalangan UMKM di seluruh Indonesia,” ucap mantan anggota FPAN DPRD Jatim dan DPR RI itu.

Partai UKM Indonesia menyatakan resmi bergabung ke PAN dalam pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Syafrudin Budiman dan jajaran pengurus DPP Partai UKM Indonesia diterima Zulkifli di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat sore.

“PAN adalah partai terbuka, plural dan menerima semua golongan. Termasuk kami menerima dukungan Partai UKM Indonesia. Apalagi partai ini memiliki basis kalangan pelaku UMKM yang jumlahnya besar,” kata tokoh yang akrab dipanggil Zulhas itu.

PAN berharap Partai UKM Indonesia ikut menyiapkan kadernya menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN. Namun mereka harus yang punya keinginan serius menjadi caleg dan menjadi anggota DPR dan DPRD.

“PAN terbuka kepada masyarakat dalam rekrutmen caleg DPR RI, DPR Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota kepada semua kalangan. Silahkan siapkan kader-kader terbaik Partai UKM Indonesia maju di PAN,” lugasnya.

Saat menerima rombongan Partai UKM Indonesia, Zulkifli Hasan didampingi Wakil Sekjen PAN Slamet Nur Achmad Efendi.

Sementara Syafrudin Budiman hadir didampingi Sekjen Partai UKM Indonesia Herdianti Puspitasari dan sejumlah pengurus DPP Partai UKM Indonesia lainnya.

Achmad Rubaie dan Wakil Bendahara DPW PAN Jatim, Fachrudin, juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Dalam kesempatan itu Syafrudin Budiman mengatakan bahwa partai yang dipimpinnya siap berjuang dan membantu pemenangan PAN masuk 5 besar di Pemilu Legislatif 2024.

“Kami siap bersatu memenangkan PAN pada Pileg dan Pilpres 2024,” ucap laki-laki asal Sumenep yang biasa dipanggil Gus Din itu.

Gus Din menjelaskan, ada empat aspirasi yang sudah ditetapkan dalam Rapat Pleno Diperluas DPP Partai UKM Indonesia, 27 Juni 2022 lalu. Pertama, menitipkan aspirasi anggota, kader dan pengurus pada Pemilu 2024.

Kedua, menitipkan aspirasi kalangan UMKM, koperasi, pedagang, kalangan milenial, disabilitas dan media/Influencer sebagai basis Partai UKM Indonesia. Ketiga, menitipkan pengurus dan kader terbaik untuk maju sebagai calon-calon DPR RI, DPR Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Dan keempat, menyampaikan aspirasi mendukung Bapak Erick Thohir sebagai Calon Presiden/Wakil Presiden RI 2024,” tukas Gus Din. HK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.