Amanat.news – DPW PAN Jawa Timur menggelar Training of Trainer (ToT) pelatih saksi tingkat DPD zona 1 di Pendopo Cak Salam, Jember, Selasa (27/9/2022). Teriakan ‘catat berani kawal’ menandai semangat para calon pelatih saksi PAN.

Slogan tersebut dikenalkan oleh pelatih saksi DPW PAN Jawa Timur Windiarto Kardono saat menyampaikan materi mitigasi kecurangan pemilu. Di awal dan akhir penyampaian materi, Wakil Ketua Bidang Litbang DPW PAN Jawa Timur ini meminta peserta ToT meneriakkan tiga kata tersebut.

“Kader… Siap! PAN…Menang! Jawa Timur…Basis PAN! Saksi PAN….catat, berani, kawal!!,” teriak Windiarto yang diikuti seluruh peserta.

Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig saat menyampaikan pidato penutupan kembali memimpin teriakan slogan itu. Ia merangkaikan slogan tersebut dengan teriakan slogan ‘salam sakti’.

“Salam Sakti, satu kata satu hati wujudkan Jatim Basis PAN! Saksi PAN…catat, berani, kawal!!,” teriak Rizki yang juga diikuti oleh seluruh peserta ToT.

Sementara itu, Sekretaris DPW PAN Jawa Timur Husnul Aqib, dalam pidato pembukaan acara menyampaikan bahwa saksi PAN harus terlatih dan benar-benar paham apa tugasnya.

“Saksi harus berani, berani menyampaikan kebenaran, melawan kecurangan. Ini lah perlunya ToT bagi saksi, untuk memberikan bekal kemampuan dan pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawabnya,” jelas Aqib.

ToT pelatih saksi tingkat DPD PAN se-Jawa Timur zona 1 diikuti oleh DPD PAN yang ada di wilayah tiga daerah pemilihan (Dapil) DPR RI. Yaitu Dapil Jatim II (Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo).

Kemudian Dapil Jatim III (Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi), dan Dapil Jatim IV (Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember).

Para pelatih saksi dari DPW PAN Jatim yang sudah mengikuti ToT pelatih saksi tingkat DPW menjadi pemateri ToT tingkat DPD ini. Selain Windiarto Kardono, mereka adalah Ketua Badan Saksi Wilayah (BSW) DPD PAN Jatim Agus Maimun, Wakil Ketua Bidang Perkaderan DPW PAN Jatim Malik Effendy, dan anggota Dewan Pakar DPW PAN Jatim Agus Sarwanto.

ToT Pelatih Saksi tingkat DPD dibagi dalam empat zona pelatihan. Diadakan 27 – 29 September 2022. Setiap zona berdasar penggabungan beberapa Dapil DPR RI. Pesertanya adalah ketua, sekretaris, bendahara DPD PAN yang ada di zona tersebut, Badan Saksi Daerah (DPD) dan anggota DPRD PAN setempat. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *