Amanat.news – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur di Pondok Pesantren Mojosari, Loceret, Nganjuk, Sabtu (24/12/2022) malam.

Tokoh nasional yang juga menjabat Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu mendapat sambutan ramah dari sejumlah kiai dan ratusan warga nahdliyin. Ketua Tanfidyah PWNU Jatim KH. Marzuqi Mustamar bahkan mencandai Zulkifli Hasan dengan menyebut PAN lebih dekat ke NU.

“Terimakasih untuk kehadiran Menteri Perdagangan yang juga sebagai Ketua Umum PAN. Raos-raosipun (rasa-rasanya, Red)  PAN itu menuju ke NU. Kulo inceng saking tebih (saya lihat dari jauh, Red) Zulkifli Hasan ini lebih dekat ke NU,” kata Kiai Marzuqi yang disambut tepuk tangan dan tawa para hadirin.

“Pak Zulkifli ini kiai juga kalau di Lampung. Ahlan wasahlan,” lanjut pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Kota Malang, itu.

Zulkifli Hasan hadir di Ponpes Mojosari ditemani Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig. Sejumlah anggota Fraksi PAN DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur juga turut hadir. Tampak Prof. DR. Zainuddin Maliki, Abdul Hakim Bafagih, Slamet Ariyadi, dan Sungkono. Turut pula Sekretaris Fraksi PAN DPRD Jatim Khulaim Junaidi.

Dari kalangan kiai, hadir di antaranya KH Fuad Nurhasan (Ponpes Sidogiri, Pasuruan), KH Anwar Iskandar (Ponpes Al Amien, Kota Kediri), KH Agoes Ali Masyuri (Ponpes Bumi Sholawat, Sidoarjo), KHR Ahmad Azaim Ibrahimy (Ponpes Salafiyah Syafiiyah, Situbondo) dan lain-lain.

Saat berkesempatan menjadi pembicara dalam diskusi panel bersama Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Zulkifli Hasan mengaku banyak berguru kepada kiai-kiai NU di Lampung. Ia menilai betapa luar biasa para kiai menjaga umatnya.

Bahkan dirinya meyakini tanpa kehadiran para kiai kampung itu, dirinya tidak akan menjadi apa-apa. Selain dengan para kiai, Zulkifli juga mengaku dirinya memiliki kedekatan kultural dengan NU. Ia bercerita bahwa di kampung halamannya selalu melakukan tradisi NU.

“Di kampung kami selalu tahlilan dan shalawatan, dan setelah saya renungi itulah yang menjaga kita,” kata politisi yang akrab dipanggil Zulhas itu. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *