Amanat.news – Ketua Umum PAN yang juga Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, meresmikan jembatan gantung Dusun Ungkalan, Ambulu, Jember, Selasa (15/3/2022). Ia meminta masyarakat untuk merawat jembatan dan ikut menjaga kelestarian alam di sekitarnya.

“Saya melihat hutan di sini begitu rimbun, masyarakat harus bisa menjaga kelestariannya. Saya juga meminta masyarakat ikut menjaga dan merawat jembatan yang sudah dibangun ini,” kata politisi yang akrab dipanggil Zulhas tersebut.

Zulhas hadir di Dusun Ungkalan didampingi Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig dan beberapa pengurus lainnya. Tampak pula anggota Fraksi PAN DPR RI yang juga selebritas ternama, Desy Ratnasari. Ketua DPD PAN Kabupaten Jember, Abdus Salam, ikut mendampingi.

Kedatangan Ketua Umum PAN dua periode tersebut mendapat sambutan meriah dari masyarakat dengan kesenian jaranan campursari. Sebelum pemotongan pita sebagai tanda peresmian, Zulhas juga diminta membelah buah semangka yang merupakan salah satu hasil pertanian desa tersebut.

Seusai peresmian, Zulhas mewanti-wanti masyarakat agar jangan sampai jembatan gantung tersebut justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Salah satunya sebagai jalan untuk melakukan perusakan hutan.

Jembatan yang diresmikan Zulhas dibangun oleh Kementerian PUPR atas usulan anggota Fraksi PAN DPR RI, H. Sungkono.  Pembangunan tersebut menghabiskan anggaran Rp. 2,4 miliar.

Infrastruktur sepanjang 36 meter tersebut menghubungkan Dusun Ungkalan, Desa Sabrang, dengan Desa Sumberrejo. Keduanya berada di Kecamatan Ambulu.

Selama ini warga harus menggunakan perahu untuk menyeberang setelah jembatan sebelumnya rusak diterjang banjir. Zulhas berharap keberadaan jembatan ini bisa menjadi sarana pembangkit ekonomi masyarakat.

“Jembatan ini dibangun oleh Kementerian PUPR atas usulan kader PAN yang menjadi anggota DPR RI. Kami berharap keberadaan jembatan ini bisa memberi manfaat kepada masyarakat dua desa di Ambulu,” ujar Zulhas. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *