Amanat.news – Seusai meresmikan jembatan gantung di Dusun Ungkalan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menuju Pondok Pesantren Madhinatul Ulum. Selain bertemu dengan KH. Lutfi Ahmad, ia juga memberi motivasi kepada ribuan santri.

“Saya ini asalnya juga dari kampung di Lampung sana. Kemudian juga cuma lulus PGA, tapi bisa menjadi menteri dan ketua MPR. Apalagi kalian yang sekolah di pondok yang bagus ini, tentu lebih besar untuk mewujudkan harapan nanti,” kata Zulkifli Hasan di hadapan santri PP Madhinatul Ulum, Selasa (15/3/2022).

Motivasi serupa juga disampaikan oleh anggota Fraksi PAN DPR RI, Desy Ratnasari, yang turut mendampingi Zulkifli. Selebriti ternama ini memberi motivasi ratusan santri putri yang tampak sangat gembira bisa bertemu idola mereka.

Ponpes Madhinatul Ulum berlokasi di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Pengasuhnya, KH. Lutfi Ahmad merupakan salah satu inisiator pendirian PAN Jawa Timur dan pernah duduk sebagai anggota Fraksi PAN DPR RI.

Dari Ponpes Madhinatul Ulum, Zulhas dan rombongan menuju kediaman Achmad Fadil Muzakki Syah. Tokoh yang akrab disapa Lora Fadil ini merupakan anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Nasdem.

Ia merupakan putra pengasuh Pondok Pesantren Al Qodiri, Gebang Poreng, Jember, KH. Ahmad Muzakki Syah. Seperti umumnya pesantren salaf, Ponpes yang memiliki santri sekitar 3500 orang ini mengajarkan kitab kuning dengan sistem sorogan.

Meski begitu, Ponpes Al Qodiri memiliki beberapa lembaga formal; TK, MI, MTs, MA, SMK, dan STAIQOD (Sekolah Tinggi Agama islam Al-Qodiri). Lora Fadil adalah lulusan sekolah tinggi ini. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *