Amanat.news – DPW PAN Jawa Timur menyembelih dan membagikan daging kurban untuk masyarakat. Selain meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim, kegiatan ini juga untuk menunjukkan fungsi sosial PAN sebagai partai politik.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari ini PAN Jatim membagikan daging kurban ke masyarakat. Bukan sekadar untuk meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim, tapi juga bagian fungsi sosial kami sebagai partai politik,” jelas Ketua Harian DPW PAN Jawa Timur, Achmad Rubaie, Selasa (12/7/2022).

Rubaie menjelaskan, kurban yang disyariatkan oleh Allah SWT mengandung makna simbolik. Yaitu mengajarkan kepada kita untuk mau mengorbankan apa pun yang berpotensi menggeser kecintaan kita terhadap Allah SWT.

Seperti diriwayatkan dalam kitab suci, ibadah kurban berawal keikhlasan Nabi Ismail menjalankan perintah Allah untuk mengorbankan putranya, Ismail. Perintah ini muncul sebagai teguran terhadap Ibrahim karena terlalu mencintai Ismail sehingga menggeser tugas utamanya sebagai seorang nabi.

“Dalam konteks hari ini kita ingin meniru pengorbanan Nabi Ibrahim yang mau mengorbankan anak yang sangat dicintainya. Ismail kita bukan anak, Ismail kita adalah segala sesuatu yang menggeser kecintaan terhadap Allah,” ucap politisi senior PAN Jatim itu.

Ia berharap, seluruh struktur PAN dari DPW, DPD se-Jatim, hingga kader dan simpatisan, bisa meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim itu. Yaitu mau melepaskan diri dari ketergantungan-ketergantungan terhadap berhala-berhala yang menggeser kecintaan terhadap Allah.

Selain meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim, lanjut Rubaie, pembagian daging kurban menjadi alat sosial DPW PAN Jawa Timur untuk berhubungan dengan masyarakat. Harapannya dapat membantu masyarakat dan mereka menerima berkah dari syariat pengorbanan Nabi Ibrahim.

“Kami juga berdoa semoga ibadah kurban DPD PAN Jatim ini diterima oleh Allah SWT dan Allah memberikan maunahnya, pertolongannya, sehingga cita-cita menjadikan Jatim sebagai basis PAN bisa terkabul,” ungkap Rubaie.

DPW PAN Jatim menyembelih satu ekor sapi dan dua ekor kambing di halaman kantor DPW PAN Jatim, Jalan Darmokali 5 C, Surabaya. Daging sembelihan kemudian dibagikan untuk masyarakat sekitar. PAN Jatim juga menyerahkan dua ekor sapi untuk PWNU dan PW Muhammadiyah Jatim.

“DPW PAN Jatim istiqomah setiap datang Iedul Qurban. Hari ini satu sapi dan dua kambing disembelih di sini. Dua sapi juga kami serahkan kepada dua organisasi sosial kemasyarakatan,” pungkas politisi asal Madura tersebut. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published.