Amanat.news – Sekretaris F-PAN DPRD Jawa Timur, Khulaim Junaidi, mendorong Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk segera merealisasikan pembangunan Flyover Aloha dan Gedangan.

“Sebagai wakil rakyat yang terpilih dari Sidoarjo, saya meminta pembangunan Flyover Aloha dan Gedangan segera terealisasi. Apalagi sudah menjadi amanah Perpres 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan di Gerbangkartasusila,” ujar Khulaim di Surabaya, Selasa (7/6/2022).

Khulaim beberapa kali juga menyampaikan hal tersebut dalam acara Penyerapan Aspirasi Masyarakat. Seperti saat Reses II Anggota DPRD Jatim di Ruko Transmart, Sidoarjo, beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur itu menjelaskan, pembangunan flyover penting untuk mendukung gerak perekonomian masyarakat Sidoarjo. Keberadaan jalan layang di dua tempat tersebut bisa mengurai kemacetan di jalur utama Sidoarjo – Surabaya.

“Kalau kemacetan terurai, mobilitas orang dan barang menjadi lancar, sehingga gerak perekonomian juga ikut lancar,” jelas legislator yang terpilih dari Dapil Jatim II (Sidoarjo) itu.

Menurut Khulaim, kemacetan yang terjadi di Bundaran Aloha dan Perempatan Gedangan sudah sangat parah. Mulai pagi sampai petang, ruas jalan yang ada sudah kesusahan menampung volume kendaraan.

“Tentu semua pengguna jalan dirugikan. Yang mau kerja, ke sekolah, yang ke bandara. Kendaraan pengangkut barang juga mengalami keterlambatan,” imbuh Khulaim

Pembangunan proyek Flyover Aloha rencana dimulai pada 2023 – 2024. Saat ini masih dalam proses pembebasan lahan. Termasuk upaya Pemkab Sidoarjo menyelesaikan proses hibah lahan seluas 1,2 hektar milik TNI AL yang ditargetkan tuntas tahun ini.

“Proyek Flyover Aloha dibangun memakai anggaran APBN. Rencananya dimulai Tahun 2023 – 2024. Untuk urusan pembebasan lahan menjadi tanggung jawab Pemkab Sidoarjo,” ucap Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, beberapa waktu lalu. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published.