Amanat.news – Jajaran pengurus DPW PAN Jawa Timur berkunjung ke Kantor Pimpinan Wilayah MUhammadiyah Jawa Timur di Kertomenanggal, Surabaya, Jumat (17/3/2023). Kunjungan silaturahmi ini bertujuan untuk mengetuk pintu restu para pimpinan Muhammadiyah.

Rombongan PAN dipimpin langsung oleh Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig dan Sekretaris DPW PAN Jatim, Husnul Aqib. Jajaran pengurus lain nampak antara lain; Ahmad Rubaie (ketua harian), Windiarto Kardono (wakil ketua) dan Agus Maimun (ketua BSW).

Sejumlah anggota Fraksi PAN DPRD Jawa Timur juga ikut hadir. Di antaranya; Basuki Babussalam, Khulaim Junaedi, dan Agung Supriyanto. Hadir pula Ketua DPD PAN Surabaya, Mahsun Jayadi, Ketua PUAN Jatim JUliana Evawati, dan Ketua BM PAN Jatim, Chandra HP Kusuma.

“Setelah 6-13 Maret kemarin kami mengetuk pintu langit dengan umroh bareng dengan 123 kader, hari ini kami berikhtiar mengetuk pintu restu kepada ayahanda,” kata Rizki Sadig di hadapan jajaran pengurus PWM.

Rizki memaparkan, bahwa sejarah kelahiran PAN tidak bisa dipungkiri lahir dari rahim Muhammadiyah. Yaitu hasil perenungan dan ijtihad politik tokoh-tokoh Muhammadiyah waktu itu.

“Untuk itu kami datang ke sini mengetuk pintu restu PWM Jatim. Izinkan kami berharap kader-kader terbaik di sini mau beramal usaha secara politik bersama kami,” imbuh anggota Komisi I DPRRI itu.

PAN Jatim, lanjut Rizki, berharap kader-kader Muhammadiyah dan keluarga besar persyarikatan bersedia mengisi ruang-ruang representatif di setiap Daerah Pemilihan. Ia menyampaikan, banyak Dapil yang tidak berhasil menempatkan wakil Muhammadiyah di parlemen.

“Padahal aset, kader, hingga universitas Muhammadiyah ada, namun belum berhasil memenangkan kader kita. Seperti di Malang, Jember, dan Banyuwangi,” jelasnya.

Rizki Sadig berharap ikhtiar jihad politik Muhammadiyah dapat kembali dilakukan. Terutama di Dapil-Dapil yang merepresentasikan partisipasi tinggi warga Muhammadiyah.

“Kami berharap ikhtiar jihad politik Muhammadiyah yang berbuah sosok wakil rakyat seperti Prof. Zainudin Maliki, kembali dilakukan. Terutama di Dapil-Dapil yang merepresentasikan partisipasi warga persyarikatan,” tegas Rizki.

Sementara Ketua PWM Jatim Sukadiono menyambut dengan senang hati apa yang disampaikan Rizki. Ia mengatakan, PWM akan membangun sinergi kebaikan dan kebermanfaatan termasuk dengan PAN sesuai doktrin perjuangan Muhammadiyah.

“Kami yakin bisa bersinergi, berkolaborasi dalam wa ta’awanu ‘alal birri wattaqwa (dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, Red),” ucap Sukadiono yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *