Amanat.news – PAN akan mendukung program-program calon panglima TNI yang baru, Jenderal Andika Perkasa. Terutama dalam rangka menjaga kedaulatan negara, khususnya berkaitan dengan persoalan-persoalan di perbatasan.

“Ya tentunya semua, khususnya Fraksi PAN, di bawah koordinasi maupun perintah langsung dari Ketum yang sudah memerintahkan kita mendukung program-program beliau dalam rangka menjaga kedaulatan negara khususnya persoalan-persoalan di perbatasan, di daerah-daerah terluar,” jelas anggota Fraksi PAN DPR RI, A. Rizki Sadig, kepada Amanat.news, Sabtu (6/11/2021).

Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu. Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat itu menjadi Panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo.

PAN, kata Rizki, berharap kelemahan-kelemahan TNI yang berkaitan dengan sistem persenjataan, bisa ditutupi dengan kreasi-kreasi Jenderal Andika. Tidak harus melakukan pendekatan dengan alat perang berat, tetapi bisa lebih kepada perkembangan teknologi.

“Jadi kreatifitas pengelolaan kemampuan negara di dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk menjaga kedaulatan RI itu yang ingin kita topang bersama-sama dan ingin kita dukung bareng-bareng,” kata anggota Komisi I DPR RI yang juga dipercaya memimpin DPW PAN Jawa Timur itu.

Sebelumnya, Rizki Sadig menyebut bahwa Jenderal Andika merupakan sosok yang tepat memimpin Tentara Nasional Indonesia. Ia menilai Andika memiliki visi yang sangat membumi dengan menonjolkan pendekatan kemanusiaan.

“Dan paling penting beberapa visi misinya yang sangat concern menurut saya adalah pendekatan kemanusiaan atau persuasif yang tidak mengandalkan hanya persoalan kekuatan senjata,” jelas Rizki.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, juga telah memberikan tanggapannya terkait Jenderal Andika Perkasa yang bakal menjadi Panglima TNI. Menurut Zulkifli, Andika memiliki kemampuan dan prestasi sehingga layak memimpin tentara kebanggaan rakyat Indonesia.

“Saya kenal lama, paham betul kemampuannya. Saya kira ini panglima top banget. Selamat Pak Andika,” puji Wakil Ketua MPR RI yang akrab disapa Zulhas itu seperti dikutip Kompas.com, Sabtu. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *