Amanat.news – Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga negara, salah satunya Polri, pada periode Februari-Maret 2023.

Hasilnya, tingkat kepercayaan ke Polri meningkat dan berada di angka 70,8 persen.

Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig, memberikan apresiasi atas meningkatnya tren kepercayaan publik terhadap Polri tersebut.

Rizki Sadig yang juga anggota Komisi I DPR RI ini menilai meningkatnya kepercayaan publik merupakan buah konsistensi dan ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam menegakkan etika profesi kepolisian dan hukum terhadap perwira dan anggota Polri.

“Publik melihat bahwa Kapolri dan jajarannya tidak bersifat defensif dengan menutupi perwira dan anggota Polri yang melakukan pelanggaran ,” ujar Rizki Sadig.

Menurut Rizki, sikap tegas Kapolri ini memberikan pemahaman ke publik bahwa tak ada lagi polisi yang kebal hukum, dan upaya Polri untuk berada dekat dengan masyarakat juga direspon positif oleh masyarakat.
Rizki menilai Kapolri Listyo Sigit mempunyai road map yang jelas dalam memperbaiki institusi Polri meskipun harus mengambil risiko.

“Namun, yang harus menjadi perhatian institusi Polri, kepercayaan publik ini bisa kembali ke posisi kurang baik bila konsistensi untuk bersikap tegas pada anggotanya yang terlibat pelanggaran kembali menurun,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Rizki, transparansi dan profesionalisme juga harus terus secara konsisten diupayakan oleh Polri.

“Sebab masyarakat berharap polisi lebih humanis dan netral, tidak terkooptasi kepentingan politik praktis dan kekuasaan,” ujarnya. CW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *