Amanat.news – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si mendapat dukungan menjadi calon presiden. Hasil Rapat Kerja Daerah I DPD PAN Kota Pasuruan mengusulkan namanya untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Yang paling penting dalam Rakerda PAN Kota Pasuruan ini adalah rekomendasi soal Capres – Cawapres. Muncul beberapa nama, salah satunya Kepala BIN Jendral Budi Gunawan,” ucap Ketua Harian DPW PAN Jawa Timur, Achmad Rubaie, dalam penjelasannya, Selasa (28/6/2022).

Selain Budi Gunawan, ada jendral lain, yaitu Panglima TNI Jendral Andika Perkasa sebagai nama yang diusulkan. Dua jendral tersebut membuntuti nama-nama populer seperti Ketua Umum PAN yang juga menjabat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri BUMN Erick Tohir.

“Lima nama ini akan saya bawa ke DPW untuk kemudian kita bawa ke DPP PAN sebagai hasil penjaringan nama Capres – Cawapres di daerah,” jelas Achmad Rubaie.

Achmad Rubaie dan Pendamping Dapil III DPW PAN Jawa Timur sekaligus Sekretaris Fraksi PAN DPR Jawa Timur, Khulaim Junaidi, hadir dalam Rakerda di Minggu (26/6/2022) itu. Rakerda diikuti oleh seluruh pengurus DPD PAN Kota Pasuruan, pengurus DPC dan DPRt PAN se-Kota Pasuruan.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Pasuruan, Ketua DPD PAN Kota Pasuruan, Aris Budi Prasetya, menjelaskan Rakerda digelar untuk membahas berbagai agenda berkaitan persiapan menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024.

Selain Capres, hasil Rakerda DPD PAN Kota Pasuruan juga merekomendasi Gus Qodir dan Gus Syaiful Nuri sebagai Calon Anggota DPR RI pada Pemilu 2024. Mereka akan berkontestasi di Daerah Pemilihan Jawa Timur III bersama Gus Sajad sebagai Caleg DPRD Propinsi.

“Rakerda I PAN Kota Pasuruan merekomendasi Gus Qodir dan Gus Syaiful Nuri sebagai Caleg DPR RI, dan Gus Sajad sebagai Caleg DPRD Jawa Timur. Kami optimis mereka akan menjadi pendulang suara PAN di Dapil Pasuruan-Probolinggo,” kata Aris.

Gus Qodir merupakan putra KH. Hafid Aminudin, pengasuh Pondok Pesantren Syech Abdul Qodir Jaelani, Probolinggo. Sementara Gus Syaiful Nuri dan Gus Sajad merupakan bagian dari keluarga besar Ponpes Sidogiri, Pasuruan.

Rakerda PAN Kota Pasuruan juga membahas pencalegan untuk DPRD Kota. Saat ini, jelas Aris, sudah masuk 14 nama dari 30 Caleg yang dibutuhkan, termasuk dua Caleg petahana yang sekarang duduk di DPRD Kota Pasuruan.

“Untuk sementara sudah masuk 14 nama,  jumlah ini masih 50%  dari 30 caleg yang akan maju di pileg 2024 nanti. Kemungkinan bisa tambah dalam waktu dua bulan ke depan, bisa lengkap sejumlah 30 Caleg,” ungkap Aris.

Tiga puluh Caleg tersebut akan bertarung di empat Daerah Pemilihan. DPD PAN Kota Pasuruan memasang target realistis meraih satu kursi di setiap Dapil. Ada penghargaan untuk setiap Caleg yang berhasil meraih kursi dengan perolehan suaranya sendiri.

“Reward ini sesuai amanat Rakerwil DPW PAN Jatim, untuk memotivasi Caleg memberi penghargaan berupa uang setengah milyar rupiah bagi Caleg jadi dengan suara penuh di tingkat DPRD Kota Pasuruan,” ujarnya. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *