Amanat.news – Saat ini, membayar pajak kendaraan bermotor tidak harus datang ke kantor Samsat. Untuk masyarakat desa, bahkan bisa melakukannya di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Di Kabupaten Sidoarjo, ada 200 lebih Bumdes yang siap melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sekretaris Fraksi PAN DPRD Jawa Timur, H. Khulaim Junaedi, menyatakan hal itu saat menggelar acara reses 1 tahun 2022 di Balai Desa Bakung Tumenggungan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Sabtu (5/2/2022).

“Sekarang bayar pajak kendaraan bermotor bisa ke Bumdes terdekat. Jadi tidak perlu ke Kantor Samsat yang mungkin lokasinya lebih jauh,” kata Khulaim.

Menurut Khulaim, selama ini warga seringkali tidak membayar pajak kendaraanya dengan berbagai alasan. Mulai hanya dipakai ke sawah, tidak ke jalan raya, sampai karena terlanjur tidak bayar pajak lama sehingga tunggakan membengkak sementara pendapatan pas-pasan.

“Kalau bisa ke Bumdes yang lebih dekat tentu akan lebih memudahkan pembayaran, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor,” lanjut wakil rakyat yang terpilih dari Dapil Jatim II (Kabupaten Sidoarjo) ini.

Anggota Komisi C tersebut menceritakan bahwa dirinya salah satu yang menginisiasi dan mendorong para kepala desa untuk bekerjasama dengan Samsat dalam pembayaraan kendaraan bermotor. Ia ingin mengimplementasikan programnya sejak terpilih menjadi anggota DPRD Jatim 2019 lalu.

Saat itu dirinya berpikir bahwa ini peluang untuk mengembangkan dana desa. Setiap hari pasti ada masyarakat desa yang memiliki kebutuhan untuk membayar kendaraan bermotor. Dengan mereka membayar ke Bumdes, ada uang adiministrasi yang bisa masuk ke kas Bumdes.

“Melalui cara ini semua diuntungkan. Masyarakat dimudahkan, juga menguntungkan pemerintah karena wajib pajak tidak telat membayar, sehingga pendapatannya juga memenuhi target,” jelasnya.

Khulaim hadir dalam reses didampingi oleh anggota Fraksi PAN DPRD Sidoarjo dari Dapil Sidoarjo 4, Bangun Winarso. Serta beberapa anggota tim e-KTA DPD PAN Kabupaten Sidoarjo yang hadir untuk menyosialisasikan SimPAN.

Selain tentang Bumdes, Khulaim menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan perijinan dan permodalan UMKM. Juga tentang bagaimana mengurus Nomor Ijin Berusaha (NIB) dan Sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *