Amanat.news – Paguyuban Bekam Amanat Nasional (PBAN) menggelar silaturahmi dan pelatihan bekam, Kamis (31/3/2022). Sekitar 150 peserta mengikuti kegiatan yang digelar di Rumah PAN Jawa Timur, Jalan Darmokali 5-C, Surabaya, ini.

Ketua PBAN, Mochtar Hadi Sanjaya, menjelaskan, para peserta berasal berbagai kota di Jawa Timur. Sebagian besar dari mereka adalah para terapis bermacam jenis pengobatan tradisional yang ingin mempelajari teknik bekam.

“Acara ini sebenarnya adalah silaturahmi para terapis dari bermacam pengobatan tradisional. Kami berkumpul untuk sinau bareng, belajar bareng dan praktek tiksar (titik sasaran, red) bekam,” ujar Mochtar.

Para peserta yang menyesaki Ruang Amien Rais, Lantai 3 Rumah PAN Jatim, sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka terlihat bersemangat menyerap ilmu yang diberikan oleh praktisi bekam dari Kediri, Umi Nadziroh.

Selain belajar dan mempraktekkan teknik bekam, beberapa peserta juga memanfaatkan kesempatan untuk mengobati sakit yang dideritanya.

“Namanya juga sinau bareng ya saling memberi dan berbagi manfaat. Insyaalloh ada yang mendapat ilmu dan ada yang mendapat kesehatan,” imbuh Mochtar.

Silaturahmi sinau bareng dan praktek tiksar merupakan kegiatan besar PBAN kedua setelah lama vakum akibat Pandemi Covid-19. Sebelumnya, November tahun lalu, PBAN menggelar bakti sosial kepada masyarakat di Pulosari, Surabaya.

Menurut Bendahara PBAN, Sunaemi, selain karena Pandemi Covid-19, PBAN vakum dari beberapa kegiatan karena ditinggal para pengurusnya. Delfri Yusransyah, ketua, pindah ke Palangkaraya. Sementara Sugeng Hariono, sekretaris sekaligus motor organisasi, meninggal dunia. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *