Amanat.news – Ketua DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig mengajak para pengemudi ojek online (ojol) untuk ikut terlibat dalam perumusan kebijakan publik.  Ia meminta ada perwakilan mereka yang ikut berkontestasi dalam Pemilu sebagai calon anggota legislatif PAN.

“Wakil yang dipilih dari njenengan semua itu bisa menyuarakan aspirasi driver ojol di ruang parlemen. PAN siap menampung, untuk kemudian mencalonkan dari PAN. Dari njenengan, untuk njenengan, berjuang untuk njenengan semua,” kata Rizki Sadig.

Ia mengatakan itu dalam acara Wawasan Kebangsaan DPRD Propinsi Jawa Timur yang digelar oleh Ketua Fraksi PAN Heri Romadhon, Jumat (18/11/2022). Sekitar 150 orang driver ojol se-Surabaya menjadi peserta acara yang diselenggarakan di Swiss Bellin Hotel, kawasan Bandara Juanda, Surabaya, ini.

“Salam satu aspal, satu kata satu hati,” sapa Rizki di awal orasinya.

Kehadiran para driver ojol itu dimobilisasi oleh Ketua DPW BM PAN Jatim Chandra HP Kusuma. Selain Rizki Sadig, acara juga menghadirkan pembicara Sekretaris Dewan Pakar DPW PAN Jatim, Agus Sarwanto. Sekretaris DPW PAN Jatim Husnul Aqib, Ketua PUAN Jatim Ning Juliana Evawati, serta Wakil Sekretaris DPW PAN Jatim Moch Fahrudin turut hadir dalam acara ini.

Pada kesempatan itu, Rizki mengajak para pengemudi ojol untuk menyatukan dua model perjuangan politik. Yaitu perjuangan di jalan untuk mempengaruhi keputusan politik dan perjuangan di parlemen untuk ikut merumuskan kebijakan publik.

“Saya ingin menggugah kesadaran njenengan semua. Mari berjuang bersama-sama. Yang gak punya passion di dunia politik, ya bersuara di jalanan. Ini justru akan menjadi sarana untuk disuarakan oleh wakil-wakil kita di ruang-ruang sidang parlemen,” lanjut Rizki.

Rizki mengapresiasi komunitas driver ojol yang besar secara kuantitas, terdata rapi, serta memiliki komitmen kuat untuk berjuang bersama-sama. Anggota Komisi I DPR RI ini berharap komunitas ojol bisa mendorong anggotanya untuk bertarung dalam Pileg 2024 sehingga benar-benar bisa mewakili aspirasi mereka.

“Saya ingin sampaikan, kalau kita titipkan suara kita kepada orang lain, belum tentu dia tahu, belum tentu dia paham, tentang denyut persoalan organisasi kita. Lalu siapa yang bisa memastikan bahwa apa yang kita perjuangkan itu bisa tersampaikan dengan baik?,” ujar Rizki.

Gayung bersambut. Ajakan Rizki langsung direspon oleh salah satu driver ojol, yang rupanya memang sudah didaulat rekan-rekannya untuk menjadi caleg mereka. Rizki lantas memberi hadiah kepada Angel, nama driver perempuan ini, rompi biru PAN miliknya dan memakaikannya.

“Tapi ini ada nama saya gak papa ya. Buat kenang-kenangan. Sukses-sukses…Nanti kita ngobrol lagi biar semakin mantap nyalegnya,” kata Rizki yang disambut ucapan terimakasih gembira dari Angel dan tepuk tangan meriah para peserta. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *