Amanat.news – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jawa Timur mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) tentang saksi pemilu, Minggu (18/9/2022). FGD diadakan untuk mempersiapkan modul pelatihan saksi yang tepat.

Acara yang digelar di Hotel Batiqa, Surabaya, itu, diikuti oleh ketua-ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-Jawa Timur dan para pelatih saksi DPW PAN Jatim. Ketua Badan Saksi Wilayah (BSW) DPW PAN Jatim Agus Maimun, mengatakan kegiatan ini sebagai konsolidasi untuk menyiapkan Training of Trainer (TOT) saksi tingkat DPD.

“Jadi hari ini DPW PAN Jawa Timur melakukan konsolidasi dengan ketua-ketua DPD PAN se-Jawa Timur dan pelatih saksi DPW untuk menyiapkan TOT saksi tingkat DPD yang insyaallah akan kami adakan akhir bulan ini,” kata Agus Maimun.

TOT saksi tingkat DPD, imbuh Agus, selain diikuti oleh ketua-ketua DPD PAN se-Jatim, rencana juga akan diikuti para anggota legislatif PAN di kabupaten/kota. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari TOT saksi tingkat DPW awal Agustus lalu.

Agus menjelaskan, FGD diadakan untuk menggali persoalan-persoalan yang ada di lapangan terkait saksi. Sehingga dari diskusi antar ketua DPD PAN dan pelatih saksi DPW PAN Jatim ini ditemukan modul yang tepat untuk materi TOT saksi tingkat DPD nanti.

“Dengan modul yang tepat berdasar pengalaman masing-masing daerah, nanti bisa menjawab persoalan-persoalan kekinian terkait saksi. Juga tentang potensinya, peluangnya, gangguan, hambatan, ancaman, dan tantanganya,” jelas Agus.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig, dalam arahannya kembali mengingatkan tentang komitmen bersama mewujudkan Jatim Basis PAN. Mengonsolidasikan seluruh kekuatan partai sampai tingkat TPS adalah bagian dari komitmen tersebut.

“Karena itu, FGD ini dan TOT saksi nanti, sangat penting. Kita bisa memetik poin-poin penting tentang bagaimana menjalankan fungsi-fungsi saksi, karena ini yang akan kita telurkan sampai tingkatan TPS nantinya,” ujar Rizki yang mengikuti FGD dari Leeds, Inggris, secara virtual. HK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *