Zulhasan: Masuk tahun politik, media mainstream jangan jadi tim sukses

Amanat – Media-media mainstream masih memiliki pengaruh kuat di tataran masyarakat akar rumput. Hal ini menjadi perhatian serius Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Sebab jika media mainstream menjadi partisan seperti tim sukses di tahun politik mendatang bisa membahayakan khususnya di akar rumput.

Apalagi bila media-media mainstream yang menjadi tim sukses di tahun politik nanti menyampaikan informasi kepada masyarakat secara tidak utuh dan tidak apa adanya. “Itu yang saya khawatir,” tandas Zulkifli, Jumat (29/12) saat berdiskusi dengan para wartawan di Sekretariar Media centre DPP Partai Amanat Nasional.

Oleh karena itu kepada media-media mainstream, Zulkifli berharap jangan menjadi tim sukses dalam tahun politik atau tim sukses dalam pilkada. “Biarlah masyarakat mendapatkan informasi secara utuh apa adanya, tidak ada yang dikurangi ataupun diubah. Kalau berpihak boleh, tapi kalau jadi tim sukses sangat berbahaya,” katanya menegaskan.

Sekarang saja, lanjut Zulkifli, sudah terlihat bagaimana reaksi masyarakat ketika melihat informasi yang sama di chanel salah satu stasiun televisi berbeda dengan televisi yang lain. “Bagaimana publik tidak merasa resah dengan pemberitaan yang cenderung bertindak seperti tim sukses tersebut.”

Karena itu sebagai Ketua MPR, Zulkifli berharap media mainstream juga melakukan pendidikan politik. Dan yang paling penting membuat suasana tahun politik lebih sejuk. “Kalau simpati dan mendukung boleh tapi jangan seperti tim sukses, membenarkan apapun yang dilakukan calonnya,” tandasnya.//

Tinggalkan Balasan