Sab. Mar 28th, 2020

Zulhas Didorong untuk Rangkul Semua Pihak, Saleh: Tidak Bisa dalam Waktu Singkat

2 min read
1581543755957 zulkifli hasan - Zulhas Didorong untuk Rangkul Semua Pihak, Saleh: Tidak Bisa dalam Waktu Singkat

Amanat.news – Upaya rekonsiliasi dalan tubuh PAN usai pelaksanaan Kongres V yang digelar di Kendari beberapa waktu lalu terus didorong oleh banyak pihak.

Pengamat politik dari Universitas al-Azhar Ujang Komaruddin menilai,  jika Zulkifli Hasan tidak dapat bergerak sendiri dengan target besar yang ia buat untuk PAN pada Pemilu 2024 mendatang. Ia menyarankan Zulhas tetap merangkul seluruh pihak di internal, termasuk kubu pendukung Mulfachri Harahap ataupun Dradjad Wibowo.

Zulhas juga disarankan tetap harus merangkul Amien Rais dan calon ketua umum lain pada kongres V di Kendari kemarin. Terlebih, pesaingnya dalam kontestasi orang nomor satu di PAN, Mulfachri Harahap, memiliki pengaruh besar karena bisa mengumpulkan 225 suara pada pemilihan ketum.

“Jika PAN masih ingin solid, Zulkifli harus mampu merangkul Amien Rais dan para pendukungnya juga,” ujar Ujang.

Kendati beberapa pihak masih mempertanyakan  terkait susunan kepengurusan DPP PAN yang disebut-sebut belum mengakomodir seluruh potensi kader, Politikus PAN Saleh Partaonan Daulay meyakini jika Ketua Umum DPP PAN terpilih Zulkifli Hasan tetap akan bersikap akomodatif dalam menyusun kepengurusan partai itu periode 2020-2025.

“Jadi setahu saya, Zulkifli Hasan adalah orang yang sangat akomodatif. Saya yakin semua orang itu malah akan dirangkul,” kata Saleh.

Dia mencontohkan beberapa senior partai sudah diajak gabung. Mereka yang masuk dalam kepengurusan PAN seperti Hatta Rajasa, Soetrisno Bachir, Asman Abnur, dan Drajad Wibowo.

Menurut dia, kalau tokoh-tokoh partai seperti itu sudah bergabung maka semua pihak akan diajak Zulkifli Hasan bergabung dalam kepengurusan PAN lima tahun kedepan.

“Ini periode kedua beliau (Zulkifli), ingin menunjukkan bahwa dapat lebih berbuat dari apa yang sudah dicapai pada periode sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, terkait tidak ada nama Amien Rais dalam kepengurusan PAN, jangan dipersoalkan apakah Amien masuk kepengurusan atau tidak.

Saleh mengatakan, Amien adalah PAN dan PAN adalah Amien sehingga jangan seolah-olah ingin memisahkan antara Amien dengan PAN.

“Saya kira pasti ada (upaya rekonsiliasi). Ini hanya pandangan orang dari eksternal saja. Zulkifli sedang mengupayakan agar PAN bisa utuh, besar, maju, dan tidak ada orang yang dilupakan,” ujarnya.

Saleh menilai upaya Zulkifli itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena butuh waktu, namun saat ini sudah ada usaha untuk melakukan langkah-langkah strategis untuk kebaikan internal PAN.//cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.