Yon Koeswoyo wariskan lagu anak-anak yang sesuai usia mereka

Amanat – Gitaris sekaligus vokalis band legendaris Koes Plus, Yon Koeswoyo, meninggal dunia dalam usia 77 tahun karena komplikasi penyakit, Jumat (5/1/2017) pagi ini. Karya-karya Yon bersama band yang membesarkan namanya bakal dikenang sepanjang masa.

Di antara sekian banyak karya Yon dan Koes Plus yang melegenda adalah beberapa lagu anak-anak. Sebut saja “Kupu-Kupu”, Pok Ami-Ami”, “Kereta Api”, “Ke Sekolah”, dan “Tri Lila Lili”. Lagu-lagu tersebut terdapat dalam album Pop Anak-Anak yang bahkan sampai dicetak beberapa volume.

Bisa jadi, hanya Koes Plus, satu-satunya kelompok musik orang dewasa yang membuat album khusus anak-anak. Karena itu lah, dalam momen kepergian Yon Koeswoyo, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) ingin inspirasi dari Koes Plus tersebut digali lagi.

Dalam rilisnya, LPAI mengajak seluruh pencipta lagu, penyanyi, penata musik, dan produser musik untuk menemukan kembali inspirasi yang pernah Koes Plus persembahkan kepada anak-anak Indonesia.

Inspirasi berupa keterpanggilan hati untuk menceriakan hati dan memperkaya perbendaharaan kata anak-anak dengan semantik yang santun, sukaria, sepantaran dengan usia mereka.

LPAI percaya, karya yang tercurah dari hati akan hidup lestari. Lagu anak-anak Koes Plus, dengan Yon sebagai vokalis utamanya, adalah bukti.

“Lagu “Pok Ami-Ami” diciptakan puluhan tahun silam. Namun kegembiraannya melintasi generasi dan akan terus menjadi nyanyian tatkala kita menimang anak, cucu, cicit hingga bermasa-masa mendatang,” tulis LPAI.

Menurut LPAI, ketulusan kita untuk menciptakan nyanyian anak-anak, insya Allah, akan turut menjadi sumbangsih nyata bagi perlindungan anak di Tanah Air.

Bahwa perlindungan anak, lanjut LPAI, tidak melulu bicara tentang kebiri, perang terhadap pedofil, kampanye anti-LGBT, perekrutan kader teroris cilik, dan serbaneka narasi menegangkan lainnya.

“Tapi juga tentang bagaimana merayakan kehidupan anak-anak dengan pernak-pernik yang benar-benar setara dengan umur mereka,” jelas LPAI. HK

 

Tinggalkan Balasan