Fraksi PAN: Kalau Novanto mangkir, jemput paksa saja

Amanat- Sekretaris Fraksi Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, Yandri Susanto, meminta Setya Novanto memberikan contoh kepada masyarakat dalam menjalankan proses hukum. “Tidak perlu banyak alasan,” kata Yandri. Ia pun menyarankan agar KPK melakukan jemput paksa Novanto jika mangkir kembali. “Kalau enggak datang panggil paksa saja.”

“Tidak perlu banyak alasan menunggu presiden atau hal imunitas. Saya kira itu kurang pas dan yang saya khawatir justru akan mencederai lembaga DPR,” kata Yandri.

Menurut Yandri, lewat pemeriksaan Novanto oleh KPK bisa dijadikan ruang untuk memberikan klarifikasi atas temuan-temuan penyidik dalam kasus korupsi e-KTP. “Tidak perlu takut sampaikan apa adanya dan ini supaya enak dipandang masyarakat,” kata anggota komisi II DPR ini.

Yandri pun menilai tak ada hubungan antara pemeriksaan KPK dan uji materi Undang-Undang KPK di Mahkamah Konstitusi yang diajukan Setya Novanto. Sebab, keduanya adalah proses hukum yang berbeda. “Jadi tidak bisa satu lembaga menyandera lembaga lain,” katanya. cw-bpan

Tinggalkan Balasan