Wasiat ayah yang selalu diingat Zulhasan

Amanat – Ada satu wasiat ayah yang selalu diingat oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan sampai sekarang. “Ayah saya selalu mengingatkan bahwa harta yang kita simpan bukanlah harta kita yang sesungguhnya. Justru harta yang kita sedekahkan kepada yang berhaklah yang menjadi harta kita yang sesungguhnya,” kata Zulkifli, Minggu (10/12).

Berbicara di depan ribuan kader Muhammadiyah di acara Milad ke 108 Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Zulhasan–sapaan Zulkifli–mengatakan bahwa manusia sering salah karena menganggap harta yang disimpannya akan kekal. “Padahal, yang akan kita bawa mati adalah harta yang kita sedekahkan,” kata Zulhasan.

Ia konsisten memegang wasiat ayahnya itu. Dalam kehidupan keseharian Zulhasan selalu berusaha untuk bersedekah setiap saat. Ketika kemarin panitia pembangunan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara menyodorkan formulir permintaan bantuan Zulhasan tidak ragu-ragu menulis angka dengan enam nol di belakangnya.

Dalam setiap kesempatan Zulhasan selalu mudah terketuk hatinya. Ketika Minggu (10/12) melanjutkan acara ke Gelanggang Remaja Medan Zulhasan tiba-tiba menghampiri pedagang kaki lima di pinggir jalan dan terlibat pembicaraan singkat yang akrab.

Beberapa saat kemudian Zulhasan merogoh kocek dan mengeluarkan beberapa lembar ratusan ribu dan menyelipkannya ke tangan pedagang kaki lima itu.

Setiap selesai mendapatkan layanan dari sopir yang melayaninya Zulhasan tidak pernah lupa memberi sekadar tip. “Saya melakukan kebiasaan itu karena wasiat ayah saya,” kata Zulhasan. mc-dpp

Tinggalkan Balasan