Ustadz Abdul Somad: Umat Islam dan Hindu saling hidup berdampingan

Amanat – Sabtu (9/12) malam Ustadz Abdul Somad mengisi tausiah di Masjid Baturrahman di Kampung Wanasar, Jalan Ahmad Yani, Denpasar.‎ Pada ceramahnya, Ustaz Somad bercerita jika Hindu dan Islam hidup berdampingan di Pulau Bali. Ia mendapat laporan jika di suatu daerah yang jauh dari Kota Denpasar, terdapat sebuah kelompok pengajian.

‎”Pengajian itu berada di tengah-tengah masyarakat Hindu. Justru pengajiannya disiapin oleh warga Hindu,” kata Ustadz Soma‎d.

Begitulah indahnya kebersamaan dalam perbedaan di mata ustadz lulusan Mesir tersebut. Menurutnya, sejak lama Islam selalu menghargai perbedaan.

“Begitulah indahnya kebersamaan dalam perbedaan. Kalau Islam tidak menghargai perbedaan dan keragaman, tidak mungkin bertahan selama sekian abad di Bali. Ini keindahan yang harus terus dipertahankan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ustad Somad mengaku ia diterima baik sebagai keluarga oleh tokoh-tokoh Bali. Sebagai buktinya, kata Ustadz Somad‎, Penglingsir (tokoh yang dituakan) di Puri Pemecutan hadir mendengarkan ceramahnya dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Saya diterima dengan baik di Bali, dianggap sebagai saudara. Buktinya Raja Pemecutan hadir di tengah-tengah kita. Kalau saya tidak dianggap saudara, tidak mungkin beliau hadir,” tuturnya. cw

Tinggalkan Balasan