Sab. Mar 28th, 2020

Tolak Rapid Tes untuk DPR, PAN: Tenaga Medis dan Masyarakat yang Harus Diutamakan

2 min read
GettyImages 1211693320 1024x681 - Tolak Rapid Tes untuk DPR, PAN: Tenaga Medis dan Masyarakat yang Harus Diutamakan

Amanat.news – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menolak melakukan rapid test covid-19 kepada anggota DPR dan juga keluaganya. PAN menilai keselamatan tenaga medis dan masyarakat yang terpapar harus diutamakan dilakukan tes cepat covid-19.

Anggota Komisi X DPR Fraksi PAN, Zainuddin Maliki mengaku terkejut soal rapid tes covid-19yang akan dilakukan kepada anggota DPR dan keluarga. Dia menegaskan saat ini yang lebih membutuhkan tes virus Corona adalah rakyat dan petugas medis.

80598232 10218793913110958 1752806806679191552 o - Tolak Rapid Tes untuk DPR, PAN: Tenaga Medis dan Masyarakat yang Harus Diutamakan
Anggota Komisi X DPR Fraksi PAN Prof. Zainuddin Maliki

“Saya agak terkejut mendengar usulan itu. Tiba-tiba kok malah anggota DPR dan keluarganya yang diutamakan. Padahal, jelas kasat mata, banyak tenaga medis dan masyarakat yang terpapar. Merekalah yang lebih penting untuk didahulukan,” ujar Zainuddin di hadapan para wartawan.

“Fraksi Partai Amanat Nasional menolak untuk melakukan rapid test kepada anggota DPR dan juga keluarganya. PAN memandang keselamatan tenaga medis dan masyarakat yang terpapar harus diutamakan,” tambahnya.

Zainuddin menganjurkan agar anggota DPR untuk melakukan tes sendiri-sendiri. Dia menyebut jangan sampai DPR dipandang hanya menyelamatkan diri sendiri dan keluarga.

Ia menilai, agar isu rapid test bagi anggota DPR dan keluarganya tidak berlarut-larut, pimpinan DPR sebaiknya segera meminta agar kesekjenan membatalkan kegiatan tersebut.

Meskipun disebut anggarannya adalah hasil sumbangan pimpinan dan anggota, namun tetap saja masyarakat merasa ada kejanggalan.

“Kalaupun ada sumbangan, lebih bagus jika disumbangkan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan,” ucap legislator yang berangkat dari dapil Jatim X (Lamongan – Gresik) ini.

Diketahui, seluruh anggota DPR dan keluarganya akan menjalani rapid test virus corona atau covid-19, pada akhir pekan ini.

“Alatnya kemungkinan datang pada besok, sehingga diperkirakan rapid test anggota DPR akan dilakukan sekitar hari Kamis atau mulai Jumat ini,” ujar Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Jakarta, Senin (23/3).

Menurutnya, tes corona akan dilakukan di aula sekitar rumah dinas anggota DPR yang berada di Kalibata dan Ulujami, Jakarta.

“Nanti bergantian, akan dikasih jadwal pengetesan,” ucap Indra.

Indra menyebut, tes corona bukan hanya anggota DPR sebanyak 575 orang saja, tetapi termasuk keluarga maupun pekerja yang tugas di rumah dinas anggota dewan.

“Anggota dewan 575, kalau di kali empat (bersama keluarganya), sudah di atas dua ribuan orang dengan pembantu dan sopirnya,” tuturnya.//

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.