Sab. Mar 28th, 2020

Tekan Ketergantungan Obat Kimia, F-PAN Jatim Dukung Usulan Raperda Pengobatan Tradisional

2 min read
DSC03455 - Tekan Ketergantungan Obat Kimia, F-PAN Jatim Dukung Usulan Raperda Pengobatan Tradisional

Amanat.news – Mempertimbangkan potensi luar biasa tanaman obat yang dimiliki oleh Indonesia, termasuk yang ada di Propinsi Jawa Timur, Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPRD Jawa Timur mendukung penuh usulan Raperda tentang Perlindungan Obat Tradisional yang diajukan oleh Komisi E DPRD Jatim.

“Karena khasiatnya yang sudah teruji serta menjadi bagian dari ikhtiat untuk melestarikan watisan budaya dalam rangka pemanfaatan obat tradisional pada pelayanan kesehatan tradisional di Jatim,” ujar anggota Komisi E DPRD Jatim DR A Basuki Babusallam.

Ketua F-PAN DPRD Jatim ini mengungkapkan jika berdasarkan data yang ada, Jatim memiliki produksi tanaman biofarmaka terbanyak. Tanaman biofarmaka adalah tanaman yang bermanfaat, termasuk untuk obat-obatan, atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, buah, umbi (rimpang) ataupun akar.

Dengan jumlah industri 18 dan usaha kecil sebanyak 242 yang memproduksi obat herbal.

Basuki menandaskan bahwa dengan mendorong Raperda ini untuuk disahkan menjadi Perda dharapkan bisa memberi kepastian perlindungan baik untuk konsumen maupun produsen.

“Ada banyak poin tujuannya, tapi hanya dua yang menjadi sangat konsen buat kita yakni memberi perlindungan kepada konsumen juga kepada pabrik atau produsen pembuat obat herbal atau tradisional itu sendiri. Jadi mulai kualitas dan mutu harus terjamin,” terang Basuki.

Dengan Raperda Raperda obat tradisional, lanjut Basuki, bisa menjadi cara untuk mengedukasi masyarakat akan pengetahuan obat-obat herbal. “Tentunya bisa mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan kimia yang beberapa di antaranya ternyata juga membawa dampak efek samping yang kurang begitu bagus,” tandasnya.

Dengan pemahaman yang baik, menurut Basuki, masyarakat tidak lagi bisa dengan mudah ditipu oleh iklan-iklan menyesatkan yang menyebutkan jika satu obat herbal bisa menyembuhkan beberapa penyakit sekaligus.

Bagi produsen, menurut Basuki, raperda ini bisa mendorong pemerintah untuk memfasilitasi agar produsen bisa melakukan uji klinis obat herbal yang dijual.//

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.