Tanaman murah meriah ini disebut bisa tangkal difteri

Amanat – Kementerian Kesehatan menetapkan wabah penyakit difteri sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Untuk itu, langkah pencegahan sangat diperlukan agar wabah penyakit yang bisa menular melalui udara tersebut tidak semakin meluas.

Wakil Direktur Penunjang Layanan Medik RSUD dr Soetomo Dr dr Hendrian D Soebagio mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit difteri. Langkah pertama tentunya dengan melakukan imunisasi DPT.

“Jadi yang belum lengkap imunisasinya, segera dilengkapi. Selain itu masyarakat juga harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan,” ujar dr Hendrian.

Hendrian menambahkan, orangtua yang mengetahui anaknya sakit demam, agar segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab sebenarnya. Apalagi, jika diikuti dengan gejala sakit saat menelan, maka perlu dilakukan tindakan sesegera mungkin.

“Orangtua harus aware ketika anak demam tinggi disertai batuk pilek, harus diperiksa. Apalagi disertai nyeri nelan dan malas makan, harus segera diperiksa. Penyebab kematian pengidap difteri karena terlambat dibawa ke rumah sakit,” tutur dr Hendrian.

Penyakit difteri menyerang anak-anak dan orang dewasa. Difteri menyerang jaringan dalam saluran pernapasan yang ditimbulkan bakteri Corynebacterium diphtheriae dan Corynebacterium ulcerans. Cirinya adalah terbentuknya membaran berwarna kelabu pada area tenggorokan yang berlapis lendir pekat.

Membran ini menyebabkan pasien mengalami batuk berat disertai rasa sesak yang dapat berujung kematian.

Dilansir dari Deherba.com, selain pengobatan medis dengan antibiotik dan antitoksin, difteri dapat diobati dengan alternatif lain.

Obat herbal berasal dari buah-buahan ini disebut mampu meningkatkan kelangsungan hidup dan penyembuhan penyakit difteri;

  1. Jus nanas

Jus Nanas 5 Kali Lebih Efektif dari Obat Batuk Biasa 300x187 - Tanaman murah meriah ini disebut bisa tangkal difteriBuah nanas mengandung bromelein yang sangat baik untuk antiradang dan membantu mengelupas sel-sel rusak pada area tenggorokan.

Nanas juga baik untuk membantu meluruhkan membran kelabu akibat difteri. Senyawa dalam nanas meningkatkan imunitas karena mengandung antioksidan cukup tinggi.

  1. Bawang Putih Segar

bawang putih bantu turunkan berat badan 3 kg p1S 300x187 - Tanaman murah meriah ini disebut bisa tangkal difteriKandungan minyak atsiri bekerja sebagai antibakteri dan antiradang. Senyawa organosulfida secara aktif mampu meluruhkan membran kelabu.

Sementara kandungan lain seperti saltivine terbukti baik untuk memperbaiki kerusakan sel dan mengembalikan fungsi sel juga jaringan di area diniding tenggorokan.

  1. Jeruk Nipis dan Rosella

Jeruk nipis tazekaaromatherapy com 300x188 - Tanaman murah meriah ini disebut bisa tangkal difteriCampuran air rebusan bunga rosella dengan perasan jeruk nipis menghasilkan antitoksin yang  mampu menetralisir racun dari bakteri Corynebacterium diphtheriae dan Corynebacterium ulcerans.

4. Mengkudu

Manfaat Mengkudu 300x188 - Tanaman murah meriah ini disebut bisa tangkal difteriKandungan antitoksin xeronine dan flavonoid baik untuk mengatasi masalah tumpukan toksin dalam darah. Kandungan antibiotik alami di dalamnya mampu bekerja aktif melawan bakteri.

Terdapat pula scolopetin dan terpenoid yang efektif meredakan peradangan dan membantu pemulihan sel pada tenggorokan.

Alternatif obat herbal tersebut dapat dijadikan pengobatan tunggal maupun pendamping pengobatan medis. cw

 

 

Tinggalkan Balasan