Survei CSIS: Prabowo lebih dipilih generasi milenial pengguna medsos dibanding Jokowi

Amanat – Survei nasional Centre Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan tingkat pilihan calon presiden di kalangan milenial pengguna media sosial terbelah secara ketat antara ke Jokowi dan Prabowo.

“Meski masih dalam batas margin of error, pengguna media sosial lebih banyak preferensi politiknya ke Prabowo,” kata peneliti CSIS, Arya Fernandes, dalam rilis hasil survei yang diterima amanat.news, Sabtu (4/11/2017).

Setidaknya ada 4 media sosial terpopuler yang disurvei, yakni Facebook, Twitter, Path, dan Instagram. Di Twitter, Path, dan Instagram, Prabowo lebih unggul dibanding Jokowi.

Dari 23,7 persen generasi milenial yang memiliki akun Twitter, 24,6 persen memilih Prabowo, sedangkan yang memilih Jokowi hanya 22,5 persen.

Angka tak jauh beda ada di Path. Dari 16,2 persen generasi milenial pengguna media sosial ini, 25,8 persen memilih Prabowo dan 21,6 persen memilih Jokowi.

Sementara di Instagram, dari 54,7 persen generasi milenial penggunanya, 29,6 persen memilih Prawo. Sedangkan Jokowi hanya dipilih oleh 26,5 persen.

Namun di media sosial yang paling banyak penggunanya, Facebook, Jokowi lebih banyak dipilih daripada Prabowo. Dari 81,7 persen generasi milenial pengguna Facebook, 30,6 persen memilih Jokowi, sementara Prabowo hanya dipilih oleh 28,6 persen.

Survei dilakukan pada 23 – 30 Agustus 2017 di 34 propinsi dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden 600 sampel generasi milenial yaitu responden yang berumur 17 sampai 29 tahun.

Pengumpulan data dilakukan lewat wawancara tatap muka. Quality control penelitian menggunakan 20 persen sample melalui spotcheck dan 50 persen diverifikasi via telpon. Margin of error survey ini 4 persen. HK

Tinggalkan Balasan