Sab. Mar 28th, 2020

Subsidi Pupuk Dikurangi, Amar Saifuddin: Bukti Pemerintah Tidak Serius Benahi Sektor Pertanian

1 min read
amar Dprd profile - Subsidi Pupuk Dikurangi, Amar Saifuddin: Bukti Pemerintah Tidak Serius Benahi Sektor Pertanian

Amanat.news – Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mengurangi alokasi subsidi pupuk, dinilai menjadi bukti jika pemerintah masih belum serius memberikan penguatan pada sektor pertanian sebagai lumbung pangan nasional.

“Ironis sekali, di saat pemrintah menggelorakan selamatkan pertanian agar berdikari di sektor pangan, namun dana untuk subsidi di kurangi. Padahal, subsidi pupuk adalah jantung pada kehidupan pertanian, ” tandas Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Amar Saifudin.

Padahal, lanjut politisi Partai Amanat Nasional ini, dari hasil pertemuan antara Komisi B dengan Petrokimia selaku produsen pupuk terungkap jika Petrokimia sebenarnya mampu memproduksi lebih dari yang dipatok oleh pemerintah. Namun tidak dilakukan oleh pemerintah.

“Berdasarkan keterangan pihak petrokimia, alokasi pupuk bersubsidi nasional pada 2020 sebesar 7,94 juta ton. Padahal pada 2018, jumlah alokasi pupuk bersubsidi sebesar 9,55 juta ton. Penurunan ini jelas berdampak secara merata di seluruh Jawa Timur,” ujarnya.

Amar mempertanyakan keseruisan komitmen pemerintah dalam memperhatikan pemberdayaan petani dan petambak.

“Ada apa pemerintah ini? Mereka mengurangi alokasi anggaran untuk subsidi pupuk, tapi di saat yang sama malah menambah subsidi pengusaha hotel dan restoran yang nilainya mencapai Rp. 3,3 triliun rupiah. Bahkan akan menghapus pajak hotel dan restoran. Ini jelas ada ketidakadilan pada petani,” tandas mantan Wakil Bupati Lamongan ini.

Terkait hal ini, Amar akan mengajak dinas terkait di Pemprov Jatim untuk bersama-sama menekan pemerintah pusat agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk subsidi di Jatim.

“Kuota pupuk jatim harus dipenuhi dan tidak perlu ada pengurangan kuota subsidi untuk petani di Jatim,” tandasnya.//

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.