Sel. Nov 12th, 2019

Soal Pengelolaan Limbah B3, Heri Romadhon Desak Pemprov Perkuat Sosialisasi ke Masyarakat

2 min read
WhatsApp Image 2019 11 08 at 10.40.22 - Soal Pengelolaan Limbah B3, Heri Romadhon Desak Pemprov Perkuat Sosialisasi ke Masyarakat

Anggota Komisi D/F-PAN DPRD Jatim, Heri Romadhon.

Amanat – Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur, Heri Romadhon, meminta sosialisasi rencana pembangunan Pusat Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (PPSL B3) di Mojokerto terus diperkuat. Ia mendesak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jatim untuk intens melakukan pendekatan ke masyarakat.

“Sosialisasi harus terus dilakukan, diperkuat. Agar masyarakat benar-benar paham, tidak terus-menerus khawatir, sehingga bisa menerima,” kata Heri Romadhon saat dihubungi amanat, Jumat (8/11/2019).

Seperti diberitakan, Komisi D DPRD Jatim melakukan sidak ke lokasi pembangunan PPLS B3 di Cendoro, Dawar Blandong, Mojokerto, Selasa (5/11/2019) lalu. Saat sidak, Komisi D masih menemukan adanya penolakan dari masyarakat terhadap rencana pembangunan tersebut.

“Masyarakat menolak karena khawatir terjadi dampak yang tidak diinginkan. Maka kami di Komisi D meminta agar pemerintah provinsi, dalam hal ini DLH Jatim agar terus melakukan sosialisasi,” jelas legislator asal Blitar anggota F-PAN tersebut.

Heri menambahkan, pembangunan pusat pengolahan limbah B3 tersebut harus terus dilanjutkan. Karena keberadaannya sangat penting, mengingat limbah B3 bila tidak ditangani dengan benar sangat berbahaya bagi kehidupan.

463217 09060706112019 JGU - Soal Pengelolaan Limbah B3, Heri Romadhon Desak Pemprov Perkuat Sosialisasi ke Masyarakat
Komisi D DPRD Jatim saat sidak di lokasi pembangunan PPSL B3 di Dawar Blandong, Mojokerto, Selasa (5/11/2019). (foto:RMOL).

Sebelumnya, Fraksi PAN Jawa Timur juga memberikan pernyataan senada. F-PAN Jatim berharap, pembangunan tersebut harus tersosialisasikan dengan baik sehingga tidak ada keluhan atau penolakan dari masyarakat.

“Pemerintah harus ekstra hati-hati, semua tahapan harus dilalui. Terutama sosialisasi ke masyarakat. Jangan sampai ada lagi keluhan apalagi penolakan,” kata Ketua F-PAN Jatim, A. Basuki Babussalam, di Surabaya, Kamis (7/11/2019).

“Pemerintah harus memberikan garansi bahwa rangkaian proses pembangunan dan berprosesnya pengelolaan limbah tersebut aman buat masyarakat Jawa timur, khususnya masyarakat di sekitar lokasi,” imbuhnya.

Basuki menilai, perlu penanganan yang lebih serius terkait limbah B3. Pengelolaan limbah B3 sangat dibutuhkan, terutama di Jawa Timur yang memiliki populasi dan industri yang besar.

“Dengan populasi dan industri Jawa timur yang besar, kehadiran lokasi pengelolaan limbah B3 menjadi sebuah keniscayaan,” kata anggota DPRD Jatim yang sudah menjabat 4 periode tersebut. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.