Soal Penempatan Komisi, FPAN Bersandar Pada Kompetensi Anggota

Amanat.news – Terkait proses penyusunan kelengkapan komisi-komisi di lingkungan DPRD Jawa Timur, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik usulan tentang proses penyusunan komposisi ketua dan anggota komisi melalui mekanisme sebagaimana formula yang sebelumnya sudah pernah berjalan.

“Saat ini tengah proses penyusunan Tatib, baru kemudian mambahasa Alat Kelengkapan Dewan (AKD). PAN tengah memetakan kebutuhan Alat Kelengkapan Dewan tersebut untuk kemudian mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan,” tandas Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim, DR A Basuki Babussalam.

Basuki menandaskan bahwa dalam proses tersebut yang paling penting adalah terjaganya stabilitas politik di internal legislatif. “Selama ini proses yang berlangsung selalu saling menghargai semua fraksi untuk mencapai mufakat. Tentu agar energi yang ada tetap bisa fokus pada tugas-tguas yang harus dilaksanakan oleh anggota dewan, tidak terpecah pada hal-hal lain ,” tandasnya.

Fraksi PAN sendiri sudah bersepakat di antara anggota fraksi yang akan masuk dalam komisi-komisi yang nanti dibentuk.

“Penentuannya berdasarkan pada pengalaman pengabdian yang selama ini dijalankan oleh masing-masing anggota serta latar belakang kompetensi masing-masing anggota. Di Fraksi PAN, meski diisi enam anggota, Alhamdulillah memiliki latar belakang kompetensi yang lengkap dan sudah teruji pada proses pengabdian sebelumnya,” terang Basuki yang sudah kali keempat terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim ini.//cw

Tinggalkan Balasan