Sab. Mar 28th, 2020

Simpatik Dituntut Memiliki Kepatuhan, Kemampuan, dan Ketangguhan

2 min read
IMG 20191215 182346 1 - Simpatik Dituntut Memiliki Kepatuhan, Kemampuan, dan Ketangguhan

Amanat – Sebagai satuan tugas khusus Partai Amanat Nasional, anggota Simpatik memiliki tugas dan tanggung-jawab untuk memastikan kerja-kerja partai berjalan lancar dan aman. Untuk itu setiap anggota Simpatik dituntut memiliki kepatuhan,  kemampuan, dan ketangguhan.

Hal  itu dikatakan salah satu narasumber dari DPP PAN,  Khairul Fahmi, saat menyampaikan materi KeSimpatikan dalam Diklat Kebangsaan Sistem Pengamanan Taktis Kegiatan (Simpatik) DPW PAN Jawa Timur di Trawas, Mojokerto, Sabtu (14/12/2019).

“Jadi, tugas Simpatik itu bukan sekedar mengamankan tokoh dan aset, tapi sesuai kepanjangan namanya, Simpatik bertugas dan bertanggung-jawab memastikan kerja-kerja bisa berjalan lancar dan aman,” jelas Khairul dalam kegiatan yang diadakan di Lentera Camp itu.

IMG 20191215 182216 - Simpatik Dituntut Memiliki Kepatuhan, Kemampuan, dan Ketangguhan
Khairul Fahmi saat memberikan materi KeSimpatikan.

Khairul menjelaskan, tugas dan tanggung-jawab tersebut dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, hingga pelaksanaan program dan kerja partai. Semua harus paham apa yang harus dipantau, diantisipasi, dan memastikan kerja-kerja berjalan lancar dan aman sesuai rencana.

“Untuk bisa melaksanakan tugas dan tanggung-jawab itu maka anggota Simpatik harus memiliki 3 hal, yaitu kepatuhan, kemampuan, dan ketangguhan. Kepatuhan berarti memiliki dedikasi dan kesetiaan, kemampuan berkaitan dentan keterampilan dan kompetensi,  sedangkan ketangguhan bukan hanya soal kekuatan tetapi juga soal kesabaran dan kecermatan,” papar alumnus Ilmu Politik Unair yang juga dikenal sebagai pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS).

SAVE 20191215 184057 - Simpatik Dituntut Memiliki Kepatuhan, Kemampuan, dan Ketangguhan
Salah satu latihan dalam Diklat Kebangsaan untuk memperkuar mental anggota Simpatik.

Khairul juga menjelaskan harapan Wakil Ketua Umum PAN, A. Hanafi Rais, tentang Simpatik yang disampaikan dalam kesempatan yang sama di sesi sebelumnya. Hanafi berharap, ke depan Simpatik dapat lebih berkembang dengan jalan mengadakan pelatihan-pelatihan berjenjang, mulai pelatihan dasar, pelatihan tingkat pelaksana, sampai  tingkat pimpinan.

“Selain itu juga perlu pelatihan keterampilan berbasis skill, misal penanggulangan bencana, atau tugas-tugas pengabdian atas nama partai,” pungkas Khairul menirukan pernyataan Hanafi. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.