Si predator laut pembasmi kanker

Amanat – Meski di samudera sangat berbahaya, ternyata hiu dapat dimanfaatkan oleh manusia. Beberapa bagian tubuh hiu mengandung berbagai zat yang sangat bagus bagi kesehatan manusia.

Daging

Dagingnya mengandung air sebesar 73,6 – 79,6 %, protein 16,3 – 21,7%, lemak 0,1 – 0,3% dan mineral 0,6 – 1,8%.Tabel 1. Besar kecil kandungan tersebut tergantung jenis ikan hiunya. Misalnya hiu jenis Galeocerdo cuvier mengandung air 79,4 %, protein 16,3 %, lemak 0,1 %, dan mineral 0,6 %. Sementara jenis Heterodontus francisci mengandung air 79,6 %, protein 17,7 %, lemak 0,3 %, dan mineral 1,8 %.

Mata dan Darah

Bagian lain yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan manusia adalah kornea mata dan darah. Kornea untuk transplantasi mata manusia, dan darah sebagai anti koagulan.

Hati

Hati hiu kaya akan minyak hati, mencapai 80 %. Minyak hati atau squalene ini banyak mengandung vitamin A yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetika dan obat. Sebagai obat karena mengandung bahan kimia yang mampu menyusutkan tumor.

Tulang Rawan

Dalam tulang rawan hiu terkandung protein, kalsium, fosfor, karbohidrat, air, serat, lemak serta komponen alamiah lainnya sebagai nutrisi.

Penelitian klinis menyimpulkan tulang rawan hiu mampu menjaga pertumbuhan dan penyebaran sel tumor. Juga membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tulang, menghindarkan rematik, serta memperkuat dan menjaga fungsi tulang.

Selain itu, membantu menghilangkan rasa pegal dan encok, menjaga kesehatan dan fasilitas tubuh, serta menghindarkan bengkok pada tulang-belakang.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr John Pruden dari Harvard menemukan kandungan protein dalam tulang rawan hiu yang berfungsi menggantikan protein kolagen yang rusak pada persendian. Kemudian diperoleh hipotesa bahwa tulang rawan hiu mengandung anti inflamasi dan anti angio genesis sehingga bisa dipakai sebagai obat penyakit tulang dan kanker.

Sup Sirip

Orang-orang Tionghoa sejak lama mengenal sirip hiu sebagai santapan lezat berkelas. Sejak Dinasti Ching, sirip hiu merupakan panganan wajib kalangan istana. Saat ini, harga semangkuk sup sirip hiu di restoran-restoran seafood seluruh dunia bisa mencapai US $ 100,-. HK/bbs.

 

 

 

Tinggalkan Balasan