Serahkan 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual

Amanat – Partai Amanat Nasional (PAN) Wilayah Jawa Timur akhirnya dinyatakan oleh KPU Jatim memenuhi syarat (MS)  verifikasi faktual,  setelah meyerahkan kekurangan 3 KTA dari pengurus harian yang saat dilakukan verifikasi di kantor PAN Jatim (28/1) lalu masih ada kekurangan. Hari ini (31/1) Direktur Eksekutif DPW PAN Jatim Andrian Firmansyah bersama stafnya Abdullah Subastian menyerahkan kekurangan KTA langsung ke kantor KPU Jatim, dan langsung kami dinyatakan lolos ferivikasi.

verifikasi10 300x182 - Serahkan 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual
H Masfuk ketua DPW PAN Jatim saat verifikasi faktual

Meskipun tidak fatal namun sebagai persyaratan verifikasi  PAN Jatim tetam memenuhi ketentuan tersebut sebagai bentuk ketaatan aturan dan penghormatan kepada lembaga penyelanggara pemilu KPU. “Sebenarnya ketiga pengurus harian yaitu H Masfuk, Grace Diana dan Mumayyizah telah memiliki KTA sejak lama, hanya saja ada sedikit kesalahan saat memasukan nomor KTA pada Sipol, sehingga saat dilakukan verifikasi ada ketidak samaan, dan kini telah dilakukan perbaikan,” ujar Cakwo panggilan sehari hari Abdullah Subastian.

Eko Sasmito ketua KPU Jatim mengatakan, kekurangan administrasi saat dilakukan verifikasi merupakan hal yang wajar dan tidak signifikan, apalagi masih ada waktu untuk memperbaiki. “Yang penting pada waktu yang ditentukan semua persyaratan telah dipenuhi,” ujar Eko. KPU sendiri dalam menjalankan tugasnya juga ada tahapan tahapan yang harus dilalui, sehingga antara KPU dengan partai politik harus mengikuti tahapan sebelum dilakukan pemilihan umum, mulai dari pusat hingga daerah.

verifikasi8 300x182 - Serahkan 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual
Sekretaris dan bendahara DPW PAN Jatim juga harus menunjukkan KTP dan KTA

Kesuksesan verifikasi faktual ini menurut Dr A Basuki Babussalam sekrterais DPW PAN Jatim, memang termasuk target 5 sukses yang dicanangkan PAN Jatim, yaitu sukses verifikasi, sukses pencalegan, sukses saksi, sukses pengkaderan, dan sukses kemenangan pemilu legislatif 2019.

Tahapan pemilu 2019 sendiri sudah dilakukan sejak Oktober 2017, yang diawali dari pendaftaran parpol peserta pemilu, lalu dilakukan penelitian administrasi, selanjutkan verfikasi faktual kepengurusan di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, kemudian rekapitulasi hasil verifikasi faktual, disusul pengumuman parpol peserta pemilu.

verifikasi9 300x182 - Serahkan 3 KTA DPW PAN Jatim Lolos Verifikasi Faktual
Para puan juga target utama verifikasi

Tahap berikutnya penyelesaian sengketa penetapan parpol peserta pemilu jika ada, baru dilakukan embentukan badan-badan penyelenggara pemilu, kemudian dilakukan pendaftaran calon anggota DPD, DPR dan DPRD disusul pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, dilanjut masa kampanye, masa tenang dan puncaknya adalah pemungutan suara yang akan dilakukan pada 17 April 2019.

Sedangkan tahapan setelah pemungutan suara juga masih panjang, yaitu penetapan hasil pemilu setelah ada keputusan MK, lalu peresmian keanggotaan DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR dan DPD Juli-September 2019 serta sumpah janji pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2019. (TJ)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan