Sab. Mar 28th, 2020

Sekretaris PBAN Meninggal Dunia, PAN Jatim Berduka

2 min read
SAVE 20200326 090853 1 - Sekretaris PBAN Meninggal Dunia, PAN Jatim Berduka

AmanatInnalillahiwainnaillaihirojiun. Sekretaris Paguyuban Bekam Amanat Nasional (PBAN), Ustadz Sugeng Hariono, meninggal dunia. Keluarga besar Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur berduka.

“Mewakili keluarga DPW PAN Jawa Timur, saya menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Ustadz Hariono. Semoga almarhum khusnul khotimah,” ungkap Sekretaris DPW PAN Jawa Timur, A. Basuki Babussalam lewat pesan whatsapp kepada amanat, Kamis (26/3/2020).

Kepergian Ustadz Hariono, demikian almarhum biasa dipanggil, terkesan mendadak. Basuki sendiri baru saja bertemu almarhum sekitar 3 hari yang lalu.

“Innalillahiwainnaillaihirojiun. Baru tiga harian lalu bekam aku,” imbuh Ketua F PAN DPRD Jawa Timur itu.

SAVE 20200326 090916 1024x682 - Sekretaris PBAN Meninggal Dunia, PAN Jatim Berduka
Ustadz Hariono (tengah, biru) bersama anggota PBAN.

Ustadz Hariono, meninggal dunia Kamis, 26 Maret 2020, di Rumah Sakit Siti Hajar, Sidoarjo, dalam usia 53 tahun. Jenazah dimakamkan hari ini juga di Pemakaman Desa Magersari, Sidoarjo.

Praktisi bekam dan totok punggung ini meninggal dunia setelah beberapa hari dirawat. Menurut beberapa rekannya, almarhum terkena gangguan lambung dan gula darah.

“Beliau sudah sering keluar masuk rumah sakit. Yang saya tahu sakit diabet sama lambung,” kata Mahyudi, salah satu anggota PBAN.

Pria yang separuh hidupnya didedikasikan untuk pengobatan tradisional ini, termasuk salah satu pioner berdirinya PBAN pada 2006. Ia juga salah satu yang memprakarsai bakti sosial PBAN setiap Jumat pertama dan ketiga.

Dianggap paling senior, anggota PBAN yang lain pun sangat menghormatinya. Bagi mereka, pria berjenggot tipis ini bukan hanya sebagai sahabat tetapi juga guru.

Bersama DPW PAN Jatim, Ustadz Hariono dan beberapa anggota PBAN, ikut berangkat ke Kongres V PAN di Kendari, Februari lalu. Sebagai tenaga kesehatan dan penjaga kebugaran para peserta kongres.

SAVE 20200326 090907 1024x768 - Sekretaris PBAN Meninggal Dunia, PAN Jatim Berduka
Ustadz Hariono saat memberikan pelayanan kebugaran pada peserta Kongres V PAN.

Akhir 2019 lalu, Ustadz Hariono berhasil mendapat Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT) dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Dengan surat ini, Hariono bisa membuka klinik pelayanan bekam, pijat, dan totok punggung setiap hari. Tempat prakteknya berada di salah satu ruang di bagian belakang Rumah PAN Jatim.

“Tempat yang sekarang ini sudah layak, tapi masih kurang maksimal terutama soal sirkuasi udara. Kipas angin kurang mencukupi. Kami butuh AC agar terapis dan pasien bisa nyaman,” ungkap almarhum kepada amanat beberapa waktu lalu, seraya berharap ada bantuan dari DPW PAN Jatim. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.