8 May 2021

40 views

Saat Bupati Magetan Memberi Kenang-Kenangan Buku untuk Rizki Sadig

3 min read

Amanat – “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat  dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Kata-kata dari sastrawan humanis Pramoedya Ananta Toer itu dikutip oleh Bupati Magetan, Suprawoto, saat bertemu Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig, Minggu (11/4/2021).

Pertemuan Rizki Sadig dan Suprawoto terjadi di resto sebuah hotel yang berada di pusat Kota Madiun. Suprawoto datang bersama seorang ajudannya sekitar pukul 08.00 WIB. Tepat waktu seperti yang dijadwalkan.  

Rizki didampingi anggota F-PAN DPRD Jawa Timur, Basuki Babussalam, dan Ketua Bidang Penguatan Dapil IX DPW PAN Jatim, Suli Daim.

Obrolan akrab pun mengalir. Tentang banyak hal. Politik tentu saja. Tetapi lebih banyak tentang bagaimana membangun sinergi antara PAN dan Pemkab Magetan dalam pembangunan.

Rizki sempat menyampaikan program besar DPW PAN Jawa Timur yang memiliki tagline ‘Jatim Basis PAN’.  Bahwa PAN ingin ada di semua tempat di Jawa Timur, meski tidak harus menjadi pemenang Pemilu.

“Jangan disalahpahami bahwa kami berambisi menjadi pemenang Pemilu. Kami hanya ingin PAN berada di semua tempat dan mendapat kursi di setiap Dapil,” ucap Rizki.

Sementara, Suprawoto banyak bercerita tentang usahanya mengembangkan ekonomi masyarakat  yang dipimpinnya. Misalnya, bagaimana ia berusaha agar para pengusaha batik khas Magetan tetap bertahan.

“Pada hari-hari tertentu, saya wajibkan seluruh pegawai pemerintah kabupaten memakai batik khas Magetan,” ungkap Suprawoto.

Kang Woto, demikian Suprawoto biasa disapa, juga banyak bercerita tentang hobi menulisnya. Ia mengaku, sejak 2019 rutin menulis untuk kolom ’’Bupati Menulis’’ di Jawa Pos Radar Madiun. Sejak 12 tahun lalu, ia juga menjadi kolumnis di majalah berbahasa Jawa, Panjebar Semangat.

“Setiap menulis artikel paling saya butuh waktu dua jam untuk menyelesaikannya,” katanya.

Lantas ia bercerita mengenai pengalaman lucu yang mewarnai hobi menulisnya. Saat itu ia ingin berganti suasana dengan naik kereta api ekonomi ke Surabaya. Bupati berumur 67 tahun ini memang sosok bersahaja.

Saat ia sedang asyik menulis dengan laptop, tiba-tiba ada yang menepuk bahunya. Seorang penumpang perempuan meminta tolong padanya untuk membantu mengangkat tasnya.

“Kalau di kereta seperti itu tidak ada yang tahu kalau saya bupati,” kata Suprawoto sambil tertawa.

Dari hobi menulis, Suprawoto telah menghasilkan beberapa judul buku. Termasuk tiga edisi buku berbahasa Jawa, Email Saka Jakarta, yang merupakan kumpulan tulisan-tulisannya di Panjebar Semangat.

Sampul buku ini bergambar Suprawoto sedang bermain jemparingan, panahan ala Jawa. Ia duduk bersila, mengenakan blangkon dan pakaian adat Jawa khas Magetanan, sambil menarik jemparing.

“Ini saya sedang jemparingan. Teman-teman PAN kan yang menggerakkan komunitas jemparingan di sini,” ujar Kang Woto.

Saat bertemu Rizki, tiga edisi Email Saka Jakarta itu, dan dua buku lain  karyanya, Menjahit Mimpi Rakyat dan Government Public Relations dibawanya sebagai oleh-oleh.

“Kami tadi berdiskusi banyak, berdiskusi panjang. Dan karena saya senang menulis, hari ini saya serahkan buku-buku tulisan saya,” ucapnya.

Buku-buku untuk Rizki, saat itu juga semua ia tanda tangani. Dari mulut Bupati Magetan ke-31 ini kemudian meluncur kata-kata Pramoedya Ananta Toer di atas.

“Oleh sebab itu mari kita menulis,” ajak Kang Woto.

Rizki menyebut Suprawoto sebagai senior yang sangat punya pengalaman di pemerintahan. Ia berharap, hobi menulis yang dimiliki Bupati Suprawoto, akan menjadi inspirasi kaum muda untuk senang menulis.

Rizki pun berterimakasih telah diberi kenang-kenangan buku. Khususnya tiga buku berbahasa Jawa, karena akan melatih kemampuannya berbahasa Jawa lebih lancar.

“Hebatnya lagi, saya dikasih kenang-kenangan buku berbahasa Jawa yang ditulisnya selama 12 tahun. Insyaallah akan melatih kemampuan berbahasa Jawa saya lebih lancar lagi,” tutup Rizki. HK

Leave a Reply

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.