Sel. Jan 28th, 2020

Rakernas Jelang Kongres, Ini Pesan Pendiri PAN

2 min read
SAVE 20191207 134645 - Rakernas Jelang Kongres, Ini Pesan Pendiri PAN

Amanat – Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V, di Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019). Rakernas diikuti seluruh DPW dan DPD PAN seluruh Indonesia.

Ketua Sterring Comitte (SC) Saleh Partaonan Daulay, menjelaskan, Rakernas kali ini secara khusus untuk membahas jadwal atau waktu pelaksanaan kongres.

“Agendanya adalah agenda tunggal untuk menentukan jadwal waktu pelaksanaan kongres,” kata Saleh.

Menjelang pelaksanaan Rakernas V, pendiri sekaligus Ketua Dewan Kehormatan PAN, Prof. Dr. H Amien Rais, menyampaikan pesan bahwa rakernas dan kongres harus bisa mengembalikan jalan PAN sebagai partai yang dicita-citakan untuk berperan besar dalam proses mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Saya sangat memahami apa arti dan tujuan PAN ini didirikan. PAN harus terus tumbuh berkembang dan besar sehingga bisa memiliki kekuatan untuk memiliki peran besar bersama anak bangsa yang lain untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Karenanya saya tidak rela jika PAN ini kemudian redup dan kempes karena penanganan yang tidak sungguh-sungguh,” papar Amien di hadapan delegasi rakernas yang datang dari seluruh Indonesia.

Amien Rais juga mengingatkan kepada seluruh kader PAN untuk berhati-hati agar PAN tidak tergelincir menjadi alat tunggangan kader-kader yang hanya mengutamakan kepentingan pribadinya saja.

SAVE 20191207 134654 - Rakernas Jelang Kongres, Ini Pesan Pendiri PAN
Amen Rais bersama delegasi Jawa Timur

“Menurut saya, setidaknya ada 3 klasifikasi jenis kader PAN. Yang pertama dan paling harus dihindari adalah kader yang paling tidak ideal yakni kader yang hanya memanfaatkan PAN sebagai kendaraan mewujudkan target-target
kepentingan pribadinya sendiri. Jadi, di partai dia hanya cari bekal saja,” tandas Amien.

Yang kedua, lanjut Amien, adalah kader yang sungguh-sungguh menjadikan PAN sebagai kendaraan untuk mencari ridho Allah.

“Kader yang sungguh-sungguh akan mendayagunakan perannya di partai untuk melaksanakan ikhtiar-ikhtiar kebaikan sesuai dengan visi misi PAN. Kebaradaannya di partai hanya semata untuk berjuang mencari ridha Allah. Dia tidak akan rela jika PAN terus mengecil,” paparnya.

Kader kategori yang ketiga, menurut Amien, adalah kader yang punya potensi menenggelamkan PAN.

“Karena kader jenis ketiga ini akan menggunakan segala cara bahkan menggunakan kekuatan luar untuk mempertahankan PAN agar tetap dalam kendali demi target-target pribadi dan kelompoknya,” papar Amien.

Untuk itu, Amien menitip pesan kepada seluruh kader yang akan mengikuti Rakernas maupun kelak kongres untuk terus berkomitmen menjaga kebesaran PAN dan mewaspadai praktik-praktik kecurangan yang dilakukan untuk mengerjai target pribadi semata.//cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.