Sen. Sep 28th, 2020

Prof Zainudin Maliki: Unsur Psikomotorik Harus Dimasukkan dalam Asesmen pengganti UN

2 min read
80598232 10218793913110958 1752806806679191552 o - Prof Zainudin Maliki: Unsur Psikomotorik Harus Dimasukkan dalam Asesmen pengganti UN

Prof. Zainuddin Maliki, Anggota Komisi X F_PAN DPR RI

Amanat.news – Anggota FPAN DPR RI Prof Zainuddin Maliki mengungkapkan jika Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter yang diusulkan oleh Mendikbud Nadiem masih belum lengkap. Sebab, tidak mencantumkan unsur psikomotorik dalam tes tersebut.

” Jadi Ujian Nasional itu rencananya akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum. Kompetensi minimumnya itu apa, satu literasi, dua numerasi, tiga survei karakter. Dari tiga kompetensi itu satu belum masuk, yaitu psikomotorik. Literasi dengan numerasi itu semua kognitif, kecerdasan otak. Survei karakter itu afektif. Belum kecerdasan psikomotorik,” terangnya di hadapan peserta Diklat Kebangsaan Simpatik Jawa Timur.

Menurutnya, kecerdasan dasar dalam pendidikan harus memenuhi tiga unsur, yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.

“Jadi kecerdasan fisik ini kan harus ada tiga kan: kognitif, afektif, sama psikomotorik. Jadi tiga,” ujarnya.

Menurut Zainuddin, kemampuan otak saja tidak cukup, karena itu ia  mengusulkan agar Mendikbud memasukkan unsur psikomotorik dalam asesmen nanti.

“Iya, harus masuk ke asesmen kompetensi itu. Ya harus utuh, to. Fisik nggak sehat gimana kita mau sukses. Materi ini kan bagian dari fisik. Karena ada kan ungkapan mens sana in corpore sano (dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat),” katanya.

Sebagaimana diketahui, Mendikbud Nadiem mengatakan Ujian Nasional akan dilakukan terakhir pada 2020. Tahun selanjutnya syarat kelulusan akan diterapkan program baru, yakni tes Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen Kompetensi Minimum tidak lagi berdasarkan mata pelajaran, melainkan literasi dan numerasi.

Literasi yang dimaksud adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Selain itu, ada pula survei karakter, yang menekankan pada penguatan pendidikan karakter.//cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.