Sel. Okt 15th, 2019

Politisi Kawakan PAN, Totok Daryanto, Luncurkan Buku Partai Advokasi

2 min read
SAVE 20191002 115128 - Politisi Kawakan PAN, Totok Daryanto, Luncurkan Buku Partai Advokasi

Amanat – Politisi kawakan Partai Amanat Nasional (PAN), Totok Daryanto, meluncurkan buku berjudul Partai Advokasi: Menghapus Dominasi Uang dalam Politik. Lewat karyanya ini, Totok menekankan bahwa fenomena politik berbiaya tinggi seharusnya menjadi perhatian serius segenap elemen bangsa, terutama cendekiawan dan elite politik.

“Namun dalam kenyataannya, kajian terkait politik biaya tinggi pada umumnya tidak tuntas, kecuali sekadar menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi bahwa persoalan tersebut mengancam eksistensi demokrasi. Dan sangat sedikit yang berlanjut pada rumusan program aksi sebagai solusi,” kata Totok saat launching bukunya tersebut di Ruang Baleg DPRRI, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Lewat bukunya itu, Totok ingin memberikan sumbangsih terhadap perbaikan demokrasi di Indonesia. Ia melihat bahwa penggunaan politik uang di Indonesia sudah sampai di tingkat kritis.

“Dan kalau ritme itu diteruskan lagi bangsa ini pasti tidak akan mampu menahannya. Itu yang menjadi kegelisahan saya, sehingga harus ada solusi, mesti ada yang harus kita lakukan,” lanjutnya.

Buku Partai Advokasi: Menghapus Dominasi Uang dalam Politik merupakan ekstraksi perenungan yang digali dari pengalaman panjang Totok Daryanto sebagai wakil rakyat. Ekstraksi perenungan tersebut kemudian dikonstruksi menjadi sebuah buku yang menarik dan penting dibaca.

Salah satu hal menarik dicermati dari buku karya Totok adalah bahwa gagasan partai advokasi berisi tuntunan bagaimana seharusnya parpol menjalankan fungsi-fungsi politiknya secara masif dan berkualitas, yang bobot pengaruhnya terhadap dukungan rakyat melebihi pengaruh kekuatan uang.

Dapat dikatakan bahwa buku karya Totok hadir pada momentum yang sangat tepat. Buku ini terbit tatkala dunia politik Tanah Air tengah dijejali perilaku politik yang salah dan menyimpang dari norma-norma yang seharusnya.

Acara launching buku tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, seperti Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PAN), Supratman Andi Agtas (Ketua Baleg DPR RI), Didik J. Rachbini (ekonom dan Ketua Dewan Pengurus LP3ES), Mohammad Nasih (politisi PAN), dan lain-lain. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.