Percaya Zumi Zola tak terima suap, PAN akan beri bantuan hukum

Amanat – Partai Amanat Nasional (PAN) menghormati keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka suap. PAN akan memberikan dukungan serta memegang azas praduga tak bersalah terhadap Gubernur Jambi itu.

“Zumi Zola merupakan salah seorang kader yang dibanggakan oleh PAN karena dalam usia muda sudah mendapat amanah besar menjadi gubernur termuda di Indonesia,” kata Sekretaris Jendral PAN Eddy Soeparno dalam siaran pers, Sabtu (3/2).

Eddy mengungkapkan, PAN sepenuhnya percaya dengan integritas Zumi Zola sebagaimana pengakuannya bahwa dia tidak pernah memerintahkan suap untuk pengesahan APBN.

PAN, kata Eddy, akan memberi bantuan hukum kepada Zumi Zola. Partai berlambang matahari putih ini juga mendorong semua pihak untuk mengedepankan asas praduga tidak bersalah, sampai pengadilan memutuskan sebaliknya.

Eddy menambahkan, banyaknya kasus korupsi/suap yang melibatkan para kepala daerah menunjukkan ada yang salah dengan sistem maupun praktik politik Indonesia.

“Saya mengharapkan jangan sampai banyak anak muda potensial di dunia politik berguguran dan layu sebelum berkembang karena sistem dan praktik politik yang salah,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi mengumumkan Gubernur Jambi Zumi Zola menjadi tersangka. Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur itu diduga menerima suap dan gratifikasi sebesar Rp 6 miliar terkait proyek-proyek di provinsi Jambi bersama Kadis PUPR Jambi Arfan.

“Tersangka ZZ (Zumi Zola) baik bersama-sama dengan tersangka ARN (Arfan) diduga menerima hadiah atau janji baik terkait proyek di Jambi, maupun dari penerimaan lainnya sebagai Gubernur Jambi, jumlahnya Rp 6 miliar,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di gedung KPK Jakarta, Jumat (2/2). HK/Republika

 

 

Tinggalkan Balasan