Sel. Okt 15th, 2019

Pentingnya verifikasi faktual parpol bagi PAN Jatim

1 min read
IMG 0044 - Pentingnya verifikasi faktual parpol bagi PAN Jatim

Amanat – Sekretaris DPW PAN Jatim Dr A Basuki Babusallam menandaskan bahwa kader PAN di Jatim harus benar-benar memberikan perhatian pada pelaksanaan verifikasi partai politik 12 parpol yang bakal dilaksanakan lusa tanggal 28 Januari 2018.

“Tidak saja prosesnya harus betul tapi kita juga harus menjaga hasil proses itu, legitimasinya dijaga. Apabila prosesnya tidak sesuai dengan Undang-undang output pemilihan umum bisa dipertanyakan,” tandasnya.

Verifikasi faktual partai politik, lanjut Basuki, harus dan penting untuk dilaksanakan sebab jika tidak dilaksanakan bisa memberi peluang adanya tuntutan keabsahan hasil pemilu.

“Bisa dibayangkan apabila usai pilkada atau pemilu yang berhasil memilih seorang pemimpin, ternyata ada yang menuntut keabsahan pemimpin tersebut karena proses politik parpolnya tidak legitimate dan konstitusional,” terangnya.

Sesuai amanah Mahkamah Konstitusi, kata Basuki, apa pun yang terjadi verifikasi faktual harus dilakukan. Dalam Pasal 177 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu telah diatur secara rinci apa saja yang harus dilakukan dalam verifikasi faktual.

Aspek anggaran dasar, keabsahan adanya kantor sampai tingkat daerah, 30 persen keterwakilan organisasi dan keterwakilan wanita, dan 1.000 anggota atau 1 anggota per mil dari jumlah penduduk harus dicek langsung oleh Komisi Pemilihan Umum sebab tidak ada format dalam Sipol untuk memverifikasi hal tersebut.

“Proses proses verifikasi faktual yang benar dan sesuai konstitusi membuat peseta pemilu tidak hanya sah secara organisasi namun juga konstitusional. Jangan sampai jadi persoalan di kemudian hari karena partai politik peserta pemilu dipersoalkan dan bahkan digugat keabsahannya,” tandas Basuki./cw

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.