Parade Kapal Kenjeran untuk dorong industri kapal rakyat

Amanat – Pantai Kenjeran Minggu pagi tadi nampak lebih meriah. Itu karena puluhan kapal rakyat se-Jawa Timur turut ambil bagian dalam Festival Parade Kapal.

Kapal-kapal yang biasa digunakan untuk mencari ikan itu dihiasi berbagai pernak-pernik. Ada yang dihiasi warna-warni bendera, karangan bunga, dedaunan, dan lain sebagainya.

Beberapa nahkoda kapal juga merias dirinya dengan berbagai rupa pakaian. Ada yang menggunakan pakaian adat, hingga melumuri sekujur tubuhnya dengan warna-warni cat air.

Di bibir pantai, ratusan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua terlihat antusias menyaksikan kapal-kapal yang sudah dirias tersebut. Sebagian sibuk mengabadikan momen dengan memfoto diri dari bibir pantai. Ada pula sebagian yang berusaha menaiki kapal-kapal untuk sekedar ikut berkeliling.

ok 1 - Parade Kapal Kenjeran untuk dorong industri kapal rakyat

Acara itu digagas oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim. Ketua Panitia Festival Parade Kapal Jawa Timur 2017 Muhammad Munif menjelaskan, diselenggarakannya event tersebut adalah sebagai apresiasi dan promosi eksistensi IKM kapal rakyat di Jatim.

“Maksud dan tujuan festival ini adalah untuk memberikan apresiasi dan promosi IKM kapal rakyat di Jawa Timur. Semoga event ini juga menjadi media informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan IKM kapal rakyat di Jawa Timur,” kata Munif seusai membuka Festival Parade Kapal Rakyat Jatim 2017.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim M Ardi Prasetyawan menjelaskan, kapal rakyat merupaka salah satu penopang ekonomi di Jatim. Itu tak lain karena banyaknya pulau kecil di Jatim, yang untuk mengakses pulau-pulau tersebut hanya bisa dilakukan oleh kapal rakyat tersebut.

“Ada 400 lebih pulau kecil di Jawa Timur yang hanya bisa diaksea oleh kapal rakyat ini. Artinya penopang industri Jawa Timur itu adalah kapal rakyat ini,” ujar Ardi.

Ardi mengungkapkan, keingintahuan masyarakat soal perkembangan IKM kapal rakyat di Jatim semakin hari semakin tinggi. Dengan adanya kegiatan Festival Parade Kapal Jawa Timur 2017 tersebut bisa memberi gambaran soal kondisi kapal rakyat di daerahnya. cw

Tinggalkan Balasan