PAN tidak meminta mahar kepada calon kepala daerah

Amanat – Partai Amanat Nasional tidak pernah meminta mahar politik kepada calon kepala daerah yang diusungnya.

Bacagub Jawa-Tengah, Sudirman Said, mengatakan, tidak ada mahar pada pencalonannya yang diusung Partai Amanat Nasional, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

“Adanya `saweran`, bukan mahar,” kata Sudirman kepada media usai menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di RSUP dr Kariadi Semarang, Sabtu (13/1).

Mantan Menteri ESDM itu menyebutkan pencalonan dirinya sebagai bakal calon gubernur telah melalui proses yang berkualitas. Dirinya lebih banyak berbicara tentang idealisme dan bagaimana membangun koalisi untuk memajukan Jateng dengan parpol pendukung.

“Saya bersyukur dapat berpartisipasi dalam Pilkada Jateng ini dengan proses yang berkualitas. Semua parpol pendukung bicaranya idealisme dan visi membangun Jateng dan membangun bangsa, tidak ada satupun parpol pendukung bicara uang, apalagi mahar,” ujarnya.

Bahwa PAN tidak meminta mahar politik juga diakui oleh Brigjen Pol Siswandi yang gagal maju di Pemilihan Wali Kota Cirebon, Jawa Barat.

“Terima kasih kepada partai pengusung koalisi umat khususnya Gerindra dan PAN yang tidak meminta mahar sedikitpun,” kata Siswandi kepada awak media di Cirebon, Sabtu (13/1).

Koalisi umat yang terdiri dari tiga partai, yaitu PAN, Gerindra dan PKS sudah sepakat untuk mengusung pasangan Brigjen Pol Siswandi dan Euis Fety Fatayati pada Pilwalkot.

Namun akhirnya PKS tidak mengeluarkan rekomendasi sampai batas akhir pendaftaran ke KPU sehingga pasangan itu gagal maju, karena kurang kursi sebagai syarat pencalonan.

Siswandi mengaku tidak turunnya rekomendasi dari PKS karena dirinya tidak memenuhi permintaan mahar yang cukup tinggi sampai miliaran rupiah.

“Pembicaraan sudah mengarah kepada mahar dan menyebut angka naik turun sampai pada malam itu (batas akhir pencalonan) naiknya lima kali lipat. Itu sangat saya sayangkan, sedangkan saya komitmen dari awal mencalonkan tidak bermahar,” tuturnya. HK

 

Tinggalkan Balasan