Sel. Okt 15th, 2019

PAN Perjuangkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kepulauan Sapeken

3 min read
WhatsApp Image 2019 10 10 at 19.37.411 - PAN Perjuangkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kepulauan Sapeken

amanat.news Jakarta – Sekelompok anak muda kepulauan Sapeken, Madura, Jawa Timur, mendatangi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI, Kamis (10/10). Anak muda yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kepulauan (KPK) Foundation itu menyampaikan beberapa persoalan kepulauan Sapeken, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan olahraga.

Mereka diterima oleh anggota Fraksi PAN DPR Slamet Ariyadi. Di hadapan legislator dari daerah pemilihan (dapil) Jatim XI atau Madura itu, Khairul Faisal, salah seorang perwakilan KPK Foundation memaparkan kondisi pelayanan kesehatan di kepulauan Sapeken. Menurutnya, minimnya ketersediaan alat yang dimiliki Puskesmas Sapeken membuat beberapa pasien harus dirujuk ke Bali dan Sumenep. Termasuk perempuan yang ingin melahirkan.

“Beberapa kasus ada pasien yang meninggal di perjalanan. Mungkin itu disebabkan karena jarak antara Sapeken dan Bali atau Sumenep, sehingga penanganan pada pasien menjadi terlambat,” kata Khairul. Karena itu, dia meminta Fraksi PAN DPR RI, khususnya Slamet Ariyadi, agar memperjuangkan tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan memadai di kepulauan Sapeken. Misalnya, ketersediaan rumah sakit kecamatan atau RSUD.

Selain kesehatan, pembangunan gerakan literasi juga disampaikan oleh KPK foundation melalui anggotanya yang lain, Syarif Hidayat. Menurut Syarif, letak kepulauan Sapeken yang terpencil membuat perhatian pemerintah terhadap ketersediaan perpustakaan sangat minim. Semua pulau belum memiliki perpustakaan pemerintah. Hanya beberapa rumah baca yang dimiliki oleh komunitas dan lembaga sosial. “Misalnya, kami baru memiliki tiga rumah baca di tiga pulau itu dengan keterbatasan buku dan sarananya,” jelas dia.

Karena itu, Syarif meminta agar Slamet dan Fraksi PAN DPR RI membantu tersedianya kapal perpustakaan keliling di kepulauan Sapeken. Dengan begitu, semua warga pulau yang ada di kepulauan Sapeken bisa membaca di perpustakaan tersebut. “Jadi nanti bisa digilir operasional perpustakaan itu. Misalnya, hari Senin di Sapeken, hari Selasa di pulau lain, Rabu di pulau lain lagi, dan berikutnya di pulau-pulau lain,” imbun Syarif.

Gelar Lagi Turnamen Sejenis Amien Rais Cup

Persoalan yang juga tidak kalah penting disuarakan KPK Foundation adalah soal pembinaan bakat-bakat muda di bidang olahraga seperti sepakbola. Salah seorang anggota KPK Foundation lainnya, Anggi Octa Diansyah menyatakan, kepulauan Sapeken tidak kekurangan bakat-bakat muda di bidang sepak bola. Sayangnya, bakat-bakat itu tidak dibina dengan baik. Dia ingin Slamet dan Fraksi PAN DPR RI ikut mencari solusi dari persoalan ini dengan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Menurut Anggi, PAN termasuk partai yang peduli terhadap olahraga di Sapeken. Hal itu dibuktikan dengan pernah diselenggarakannya amien Rais Cup beberapa tahun silam. Dia ingin kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan kembali dengan disertai seleksi bakat-bakat muda untuk dibina ditingkat kabupaten dan provinsi. “Misalnya, Pak Slamet dan Fraksi PAN bisa melaksanakan turnamen sejenis itu. Insya Allah respons masyarakat akan tinggi terkait hal itu. Apalagi jika bakat-bakat muda dalam kompetisi itu diberi jalan untuk tampil di kancah lebih tinggi,” tegas Anggi.

IMG 20191010 WA0069 1 - PAN Perjuangkan Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Kepulauan Sapeken

Semua aspirasi yang disampaikan disambut baik dan dicatat oleh Slamet. Dia berjanji akan memperjuangkannya baik melalui komisi maupun fraksi. “Sekarang kan AKD belum terbentuk. Beberapa aspirasi ini ada yang menjadi pekerjaan komisi IX, ada juga komisi X. Insya Allah akan saya perjuangkan. Termasuk melalui fraksi,” tegas Slamet. Dia juga tertarik untuk kembali melaksanakan kompetisi sepakbola seperti Amien Rais Cup yang pernah dilaksanakan beberapa tahun lalu. “Semoga tahun depan bisa melaksanakan turnamen sejenis di Sapeken. Itu menarik,” tandasnya yang diaminkan oleh semua hadirin di ruangan rapat Fraksi PAN DPR RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.