PAN Pelopori Desa Hebat Merebut Kepala Desa, Mendulang Basis Masa

Amanat – Kepedulian PAN terhadap peningkatan sumber daya manusia tidak hanya pada kader internal saja, tetapi pada masyarakat secara luas. Kini PAN mulai menggagas Desa Hebat, dengan membekali para calon Kepala Desa agar mampu mengatur dan mengurus pemerintahan Desa secara  benar, inovatif, kreatif yang bisa membawa kemajuan Desa itu sendiri dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gagasan ini seringkali dilontarkan Sekretaris DPW PAN Jatim Dr. A. Basuki Babussalam, SH. MH., dalam setiap kesempatan turun ke daerah-daerah. Menurut Wakil ketua Dewan Kehormatan DPRD Jatim, membekali para calon Kepala Desa ini sangat penting dan strategis, selain untuk mempersiapkan mereka jadi pemimpin yang hebat tentu akan membawa manfaat pada masyarakat secara luas.

Sekretaris Fraksi PAN DPRD Jatim mengungkapkan, tentu saja pembekalan ini tidak hanya menguntungkan bagi calon Kepala Desa, bagi PAN tentu jika berhasil mengantarkan mereka menjadi pemimpin Desa akan berimbas terhadap perolehan suara PAN di Desa tersebut. “Jika kita berhasil merebut hati Kepala Desa akan mampu mendulang basis masa,” tandas anggota Komisi D DPRD Jatim.

Menurut Agus Anang Fatoni salah satu nara sumber dari Lentera Institute, ide dasar pembentukan Desa Hebat ini cukup sederhana, dengan memberikan pelatihan pada kader Desa, terutama generasi muda desa potensial untuk memiliki keberanian mencalonkan diri menjadi Kepala Desa Hebat, pelatihan terdiri dari bagaimana membranding diri, melakukan lobi pencalonan, penggalangan dana kampanye, pembentukan tim pemenangan, dan managemen kampanye secara efektif.

Apalagi kini jadi Kepala Desa cukup strategis, karena mendapat payung UU Khusus UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, juga disuport pendanaan yang memadai, baik dari dana Desa mulai APBN, APBD dan PA Desa. Selain itu wewenang Kepala Desa diperluas, sehingga butuh kreatifitas dalam menyusun pembangunan Desa.

Tentunya setelah sukses mengantarkan mereka jadi pemimpin secara otomatis PAN akan merasakan manfaat diantaranya, mencetak kader militan, meningkatkan jumlah tokoh sebagai pemimpin lokal akar rumput yang berpengaruh dan dalam jangka panjang meningkatkan suara dan basis masa partai. (Jo)

Tinggalkan Balasan