Pameran bus klasik dan unik segera digelar di Kemayoran

Amanat – Pameran menarik akan berlangsung 22-24 Maret 2018 nanti di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.  Indonesia Classic N Unique Bus 2018, sebuah pameran yang menampilkan bus-bus klasik dan unik yang sudah jarang ditemui di jalan-jalan di Indonesia.

“Bus-bus ini kami kumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia, dengan tahun pembuatan antara tahun 1960 hingga tahun 1996 atau umumnya berumur lebih dari 20 tahun,” kata A.M.Fikri, project coordinator Indonesia Classic N Unique Bus 2018 lewat pesan whatshapp kepada amanat.news, Senin (19/3).

Fikri menjelaskan, pameran bertajuk “Tak Kenal Maka Tak Sayang” ini digelar atas kerjasama haltebus.com dan PT. Global Expo Management. Bus-bus yang akan ditampilkan di antaranya Bus Fuso Colt Pownis (1989) dari PT. Timah Tbk, Pangkalpinang, Bangka-Belitung, dan Bus Mercedes-Benz PPD (1971) Superior Coach dari Jakarta.

Kemudian Bus Mercedes-Benz PPD (1991) Volgren dari Jakarta, Bus Mercedes-Benz DAMRI Cabang Bandung (1988) dari Bandung dan BUS Mercedes-Benz DAMRI Cabang Purworejo (1995) dari Purworejo. Bus Fuso (1963) koleksi PO. Sumber Alam dari Kutoarjo dan Bus Hino medium (1984) koleksi PO. Maju Lancar dari Yogyakarta.

Menuurut Fikri, Bus Fuso koleksi PO. Sumber Alam adalah salah satu yang paling menarik. Bus model MR47 ini pernah dioperasikan oleh TNI AU untuk angkutan personil di Pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh. Sering juga digunakan untuk antar jemput personil AU yang akan plesir dari pangkalan ke kota Malang.

“Namun tahun persisnya kapan bus ini pensiun gak diketahui pasti, harus tanya ke pangkalan TNI AU Abdurrahman Saleh. Kalau diadopsi PO. Sumber Alam sebagai pemilik terakhir baru sekitar 5 tahunan,” jelas sarjana alumni Ilmu Politik Unair itu.

Beberapa bus lawas koleksi pribadi dari Jakarta juga ditampilkan. Antara lain Bus Mercedes-Benz tahun 1990, 1991, dan 1994, serta sebuah Bus Hino AK. Tak kalah menarik adalah Bus Mercedes-Benz Vintage (2017) yang merupakan penampilan spesial dari PT. Transjakarta.

Sepuluh unit bus akan dipajang di ruang pameran, dua lainnya yakni bus PPD Superior Coach (1971) dan DAMRI Bandung (1988) ditampilkan di luar ruangan. Dua bus ini juga dijadwalkan berkeliling areal parkir JIEXPO Kemayoran.

Pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2018 dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. HTM untuk umum Rp. 20.000, pelajar berseragam Rp. 10.000, dan ada harga khusus untuk rombongan di atas 25 orang

“Yuuk kita mengenal lebih dekat transportasi bus, seperti kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Mari kita kembali menggunakan bus sebagai sarana bepergian sehari-hari,” pungkas Fikri. HK

Tinggalkan Balasan