Pak RW jadi inspirasi reforma agraria

Amanat – Direktur Jenderal Hubungan Hukum Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN), Sarmono dalam keterangan tertulisnya mengemukakan Kampung 3G layak menjadi contoh reforma agraria perkotaan.

“Kampung 3G mampu memberikan contoh nyata dalam akses reforma yang meliputi partisipasi warga dalam pemberdayaan, mampu menciptakan wirausahawan, gotong royong, pemasaran, permodalan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM),” katanya.Gintung Go Green2 300x199 - Pak RW jadi inspirasi reforma agraria

Menurut dia, setelah kemandirian sudah bisa diraih, sebagai penutupnya adalah aset reform, yakni legalisasi aset, sehingga aset warga menjadi bankable ketika warga membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

Keberhasilan Kampung 3G sebagai contoh reforma agraria perkotaan inilah yang menjadikan banyak Kantor ATR/BPN di daerah untuk belajar langsung tentang inovasi dan gerakan menabung air di Kampung 3G.

Kampung Glintung Go Green (3G) adalah buah tangan dingin Bambang Irianto, Ketua RW yang juga anggota Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional DPD Kota Malang.

Berkat kegigihannya, ia berhasil menggelorakan partisipasi warga setempat untuk merubah kampung yang dulunya kumuh menjadi kampung yang memiliki pesona luar biasa.

Gintung Go Green3 - Pak RW jadi inspirasi reforma agraria

Tinggalkan Balasan