Menurut ahli kesehatan waktu terbaik laki-laki disunat saat masih bayi

Amanat – Spesialis bedah saraf dari Rumah Sunatan Indonesia, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, mengatakan waktu sunat paling baik bagi laki-laki adalah ketika masih bayi.

“Sunat bisa untuk semua usia. Dari bayi (usia 3 hari) atau tua, ada pasien yang berusia 76 tahun. Tetapi paling baik saat bayi, sebelum dia bisa tengkurap,” ujar dr. Mahdian dalam seminar media di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Menurut dr. Mahdian, sunat saat masih bayi demi menghindari atau setidaknya mengurangi trauma psikologis yang bisa diderita anak. Bila dilakukan saat anak sudah bisa mengingat kejadian termasuk ketika disunat, trauma psikologis mungkin terjadi.

Mahdian mengatakan sunat memerlukan serangkaian prosedur, salah satunya pemberian anestesi melalui jarum suntik. Inilah yang biasanya banyak ditakuti pasien dan tak jarang menimbulkan trauma.

“Anak takut disunat karena disuntik. Sampai dewasa pun takut disuntik. Dewasa lebih takut daripada anak-anak. Dia mau nangis malu. Bingung mau apa. Makanya pasien dewasa kesulitan kalahkan rasa takut,” jelasnya. HK/sumber : Antara

 

Tinggalkan Balasan