Sel. Nov 12th, 2019

Menikmati Lezat Kare Ayam Langganan Ketua PAN Jatim

2 min read
SAVE 20191106 070248 - Menikmati Lezat Kare Ayam Langganan Ketua PAN Jatim

Amanat – Dalam perjalanan menuju Tuban untuk menghadiri Musda BM PAN, Minggu (3/11/2019) lalu, Ketua DPW PAN Jatim, H. Masfuk, mengajak singgah di sebuah warung kare ayam. Depot Kare Ayam Kampung Ibu Hj. Askonah di Dusun Brak, Desa Wadeng, Kecamatan Sidayu, Gresik

Warung yang berada di pinggir Jalan Raya Deandels itu, sudah lama menjadi langganan Masfuk. Saat masih menjabat Bupati Lamongan, setiap kali melewati jalan ini, Masfuk selalu menyempatkan singgah sekadar untuk menikmati kelezatan kare ayamnya.

“Ini langganan lama. Kalau lewat sini pasti saya mampir (singgah, red),” kata Masfuk.

Wajah bupati Lamongan 2 periode itu pun sangat dikenali oleh pemilik dan beberapa pengunjung warung. Setelah bersama-sama menikmati kelezatan kare ayam Hj. Askonah, mereka bahkan mengajak Masfuk untuk berfoto bersama.

“Pak Masfuk ini dulu bupati saya. Sudah lama saya nggak lihat Pak Masfuk,” kata salah satu pengunjung warung yang kebetulan berasal dari Paciran, Lamongan.

SAVE 20191106 070228 1 1024x768 - Menikmati Lezat Kare Ayam Langganan Ketua PAN Jatim
Kelezatan kare ayam ini lah yang membuat H. Masfuk selalu singgah di Depot Hj. Askonah.

Dusun Brak sejak lama memang dikenal dengan kuliner andalannya, kare ayam kampung. Depot atau warung makan dengan sajian utama menu ini bisa dijumpai di sepanjang Jalan Raya Deandels yang membelah dusun tersebut.

Depot Kare Ayam Kampung Ibu Hj. Askonah adalah salah satu yang paling terkenal. Ia bisa disebut yang paling tua dan melegenda di antara sekian warung-warung serupa. Menurut pengelolanya saat ini, Lailatul Kudro, Depot Hj. Askonah sudah ada sejak masa akhir penjajahan Belanda, sekitar 1940.

Hj. Askonah tak lain adalah ibu dari Lailatul, yang melanjutkan usaha ini dari neneknya, Ibu Markani. Saat pertama didirikan oleh Markani, berupa warung berdinding gedek (anyaman bambu). Lokasinya tidak berubah sampai sekarang, namun saat awal didirikan arah hadapnya membelakangi jalan raya.

“Dulu dindingnya gedek bambu. Terus ngadep-nya membelakangi jalan. Mungkin takut sama Belanda,” kata Lailatul.

SAVE 20191106 070203 - Menikmati Lezat Kare Ayam Langganan Ketua PAN Jatim
H. Masfuk (tengah, berpeci hitam) bersama pelanggan Depot Hj. Askonah sesuai menikmati kelezatan kare ayam.

Menurut Lailatul, kare ayam di depotnya menggunakan ayam-ayam kampung pilihan. Ayam berusia muda, atau menurut istilah setempat disebut ayam lacur. Dalam sehari, Depot Hj. Askonah menghabiskan rata-rata 20 ekor ayam.

Buka dari pagi sampai sore, Depot Hj. Askonah selalu ramai dengan pengunjung. Mereka datang sekadar ingin merasakan kare ayam yang dimasak dengan resep turun-temurun dan sampai saat ini tidak berubah cita rasanya.

Cukup dengan Rp. 25 ribu, akan mendapat satu porsi berisi dua potong ayam dan sepiring nasi putih hangat. Dagingnya empuk dengan kuah kental yang ketika dicecap membuat lidah merasakan aneka rasa bumbu pilihan. Ada rasa gurih, sedikit manis, dan agak pedas.

“Dari dulu rasanya seperti ini tidak berubah. Enak. Dagingnya empuk,” ungkap Masfuk. HK

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.